Sabtu, 28 Januari 2023
Rauhanda Riyantama : Selasa, 06 Desember 2022 | 18:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Persebaya Surabaya berhasil melakoni comeback dengan mengalahkan Barito Putera pada pekan ke-12 Liga 1 2022. Dalam laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (6/12/2022) sore, Bajul Ijo menang 3-2.

Bek asal Brasil, Leo Lelis berperan besar dalam kemenangan Persebaya ini berkat sumbangan dua golnya.

Tambahan tiga poin membuat Persebaya kini menduduki posisi kedelapan klasemen sementara Liga 1 dengan 16 poin dari 12 pertandingan. Sementara itu, Barito Putera masih terjebak di zona degradasi, tepatnya di urutan ke-17 dengan 5 poin dari 11 laga.

Di Stadion Maguwoharjo, Persebaya sejatinya tampil cukup bagus di babak pertama. Namun, mereka gagal memanfaatkan berbagai peluang agar bisa dijadikan sebuah gol terutama di babak pertama ini.

Sementara Barito tidak cuma bertahan saja. Sesekali tim berjuluk Laskar Antasari tersebut melakukan serangan dari skema counter-attack.

Terbukti Barito Putera berhasil membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-14. Umpan manis dari Rizky Pora bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Rafael Da Silva sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Kedua tim terus berupaya melakukan serangan untuk mencetak gol lagi. Namun, pemain bertahan kedua tim sangat kokoh menjaganya hingga sulit ditembus lawan masing-masing.

Alhasil, sampai turun minum skor 1-0 untuk keunggulan sementara Barito Putera.

Di babak kedua Bajul Ijo mengamuk. Tim asuhan Aji Santoso langsung memberikan tekanan kepada Laskar Antasari hingga tercipta gol cepat.

Pada menit ke-47, Leonardo Lelis menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Tidak terkawal usai menerima umpan dari Higor Vidal, Lelis sukses getarkan gawang Barito Putera.

Tidak berselang lama, Persebaya mengubah kedudukan menjadi 2-1. Frank Sokoy melakukan gol bunuh diri yang tentu menguntungkan buat Persebaya.

Bajul Ijo terus memberikan tekanan di babak kedua ini. Hampir tidak ada celah untuk Barito Putera keluar dari tekanan buat menyerang balik.

Alhasil, Persebaya kembali mencetak gol. Leonardo Lelis mencatatkan brace setelah tembakannya tidak bisa dimuntahkan kiper Barito Putera Nur Halid pada menit ke-76.

Barito Putera sempat mengecilkan ketertinggalan menjadi 2-3 pada menit ke-82. Buyung Ismu Lessy mencatatkan namanya di papan skor.

Tidak ada tambahan gol hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Persebaya sukses mengalahkan Barito Putera dengan skor 3-2.

Susunan Pemain:

Persebaya Surabaya XI (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Alta;ariq Ballah, Leonardo Lelis, Riswan Lauhim, Koko Ari Araya; Muhammad Hidayat, Muhammad Alwi Slamat, Andre Oktaviansyah; Higor Vidal, Silvio Junior, Sho Yamamoto.

Pelatih: Aji Santoso (Indonesia)

Barito Putera XI (4-3-3): Nor Halid; Amiruddin bagas Kaffa, Donni Monim, Renan Alves, Frank Sokoy; Bayu Pradana, Muhamad Ussurus, Rafi Syarahil; Rizky Pora, Rafael Silva, Rafael Oliveira.

Pelatih: Rodney Goncalves (Brasil)

BACA SELANJUTNYA

3 Pemain Arema FC Luka-luka Akibat Insiden Perusakan Bus, Ini Sosoknya