Muhammad Jatnika
Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 Qatar. (PSSI).

Bolatimes.com - Tim Nasional U-23 Indonesia masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum melakoni debutnya dalam Piala Asia U-23 2024 di Qatar. 

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan kekompakan tim menjadi pekerjaan rumahnya saat ini. Anak asuhnya datang dari klub bahnkan kompetisi yang berbeda.

Pihaknya punya waktu untuk meningkatkan kekompakan tim. Kurang lebih ada dua pekan untuk Indonesia menjalakan berbagai program untuk membuat tim semakin kuat.

Baca Juga:
FIFA Sanksi Persija Jakarta dan Empat Klub Lainnya

"Pekerjaan rumahnya adalah (tim) harus menyatu, menjadi kompak. Dan fokus juga disitu apakah kita ini bisa menjadi satu dalam tim," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

Tim U-23 Indonesia telah tiba di Dubai, Uni Emirat Arab pada Selasa (2/4) dinihari (WIB). Indonesia menjalani pemusatan latihan di Dubai hingga 10 April sebelum tanding di Piala Asia U-23 AFC 2024 di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Sin Tea-yong langsung memberikan menu latihan bagi anak asuhnya setiba di Dubai, Selasa (2/4) sore. Skuad Garuda Muda  hanya melakukan program pemulihan setelah perjalanan jauh.

Baca Juga:
Jeda Liga 1 Jadi Kesempatan Bojan Hodak Berikan Hal Ini untuk Pemain Persib

Latihan dilaksanakan di Lapangan Humaidal Tayer Stadium di kawasan komplek Al Nasr SC Dubai. Pada latihan perdana ini menu latihan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong fokus untuk recovery pemain dan penyesuaian fisik keseluruhan.

"Semua berjalan lancar, latihan perdana cuaca juga baik, kondisi para pemain pun juga baik," ucapnya.

Selama di Dubai, UAE, Indonesia akan menjalani dua laga uji coba tertutup melawan Arab Saudi (5/4) dan Uni Emirat Arab (8/4).

Baca Juga:
Jeda Komperisi Liga 1 Tak Membuat Pemain Persib Stefano Beltrame Tenang

Mengenai hal itu, Shin mengungkapkan dua pertandingan untuk melihat kesiapan timnya sebelum menjalani pertandingan perdana, khususnya pekerjaan rumah soal kekompakan juga fisik pemainnya.

"Ya memang walaupun ada dua laga uji coba, kita fokus lebih dahulu ke dua pertandingan itu. Namun, fokus utama kita adalah pertandingan perdana melawan Qatar pada 15 April," ucapnya.

"Jadi fokus kami adalah bagaimana meningkatkan fisik pertandingan para pemain, dan kekompakan mereka selama di dua laga uji coba nanti," lanjutnya.

Baca Juga:
Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia Nikmati Jeda Kompetisi untuk Pemulihan

Sementara itu, Tim Nasional U-23 Indonesia juga masih menunggu tambahan kekuatan, tiga pemain direncanakan akan segera bergabung.

Ketiga pemain itu bermain di kompetisi luar negeri, mereka adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Pratama Arhan. 

"Untuk Ivar Jenner dan Rafael Struick akan sampai besok (kemarin), Arhan di tanggal 4 (hari ini), untuk Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On sampai saat ini belum ada kepastian, jadi harus lihat situasi terlebih dahulu," tutupnya.

Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania. Setelah kaga perdana melawan Qatar pada 15 April, Indonesia akan melawan Australia (18/4) dan Yordania (21/4). (*)

Load More