Husna Rahmayunita
Pemain Chelsea, Didier Drogba berfoto bersama trofi liga primer Inggris pada tahun 2015 (AFP)

Bolatimes.com - Deretan penyerang atau striker Chelsea terbaik di era Roman Abramovich yang baru-baru ini mengumumkan melepas klub kebanggannya.

Roman Abramovich gemar melakukan belanja pemain sejak resmi membeli Chelsea pada 2004. Salah satunya deretan penyerang ganas yang melegenda di Stamford Bridge.

Paling nyata, tentu saja Didier Drogba. Kendati sempat berpisah sebentar dengan The Blues, penyerang Pantai Gading itu juga kembali dan menjadi legenda buat klub.

Baca Juga:
Profil Irfan Karijowidjojo, Wonderkid Berdarah Jawa yang Bersinar di Belanda

Bolatimes merangkum 5 penyerang terbaik yang pernah menjalani musim-musim menyenangkan di Chelsea. Berikut rangkumannya:

1. Didier Drogba

Pemain Chelsea, Didier Drogba berfoto bersama trofi liga primer Inggris pada tahun 2015 (AFP)

Tak lengkap rasanya bila tak menyertakan Didier Drogba dalam list penyerang tersukses di era kepemimpinan Abramovich.

Baca Juga:
4 Keuntungan Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Terbaru Dihadiahi Mobil Mewah

Drogba datang ke Chelsea dari Marseille pada 2004 dengan mahar 24 juta poundsterling. Ia adalah pemain awal yang diboyong oleh Abramovich.

Secara penampilan, Drogba mentas sebanyak 381 kali dan mendulang 164 gol dan 86 assist. Drogba sukses mempersembahkan 4 gelar Liga Inggris, 9 Piala Liga, dan 1 Liga Champions.

2. Diego Costa

Baca Juga:
Cyrus Margono Dapat Sambutan Hangat usai Mengaku Berminat Jadi WNI

Diego Costa saat berseragam Chelsea. (Adrian DENNIS / AFP)

Selepas kepergian Drogba, Chelsea mencoba mencari penggantinya. Sosok itu jatuh pada Diego Costa yang diboyong dari Atletico Madrid pada 2014 silam dengan mahar 32 juta pound.

Selama berbaju Chelsea, Costa telah bermain di 120 pertandingan, menorehkan 58 gol dan 24 assist. Eks Atletico Madrid itu juga memberikan 2 gelar Liga Inggris dan 1 Piala Liga.

3. Salomon Kalou

Baca Juga:
Adu Statistik Emil Audero Mulyadi vs Cyrus Margono, Kiper Keturunan Indonesia di Eropa

Pemain Hertha Berlin Salomon Kalou merayakan golnya saat menghadapi Borussia Dortmund. (Tobias SCHWARZ / AFP)

Salomon Kalou datang sebagai pemain muda dari Feyenoord pada 2006 silam. Ketika itu, untuk usia pemain muda, transfernya ke Chelsea cukup mahal yakni 9 juta pound.

Kendati bukan pemain utama, Kalou bisa dibilang legenda di Chelsea. Secara penampilan, pemain Pantai Gading ini sudah merumput sebanyak 254 kali dengan 60 gol serta 44 assist.

Kalou juga menyumbang sejumlah trofi buat Chelsea. Beberapa di antaranya trofi Liga Inggris, 6 Piala Liga dan 1 Liga Champions.

4. Hernan Crespo

Hernan Crespo dan Messi/Instagram

Hernan Crespo adalah penyerang bersinar di Italia pada 2003. Ketika itu, dirinya bermain untuk Inter Milan.

Namun, sejak Chelsea dipegang Abramovich, Crespo mendarat di Stamford Bridge dengan mahar 16,8 juta pound.

Statistik mencatat, Crespo memang hanya bermain di 73 laga buat Chelsea. Ia juga menorehkan 25 gol dan mencicipi satu gelar Liga Inggris dan Piala Liga.

5. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka saat berseragam Manchester City. (PAUL BARKER / AFP)

Berpindah-pindah klub di Liga Inggris adalah salah satu ciri khas Nicolas Anelka. Penyerang Prancis ini sempat memperkuat Liverpool, Man City, dan Arsenal yang notabene rival dari Chelsea.

Namun pada 2008, Anelka tiba di Chelsea usai diboyong dari Bolton. Mahar 15 juta pound meyakinkan dirinya untuk berseragam London Biru.

Secara penampilan, Anelka bermain di 184 laga dan mencetak 59 gol. Anelka juga menyumbang 1 gelar Liga Inggris dan Piala Liga.

(Kontributor: Kusuma Alan)

Load More