Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut empat keuntungan yang didapatkan Shin Tae-yong sejauh ini usai menjabat posisi pelatih kepala Timnas Indonesia sejak akhir tahun 2019 silam.

Nama Shin Tae-yong begitu dielu-elukan oleh para pendukung Timnas Indonesia menyusul sepak terjangnya dalam melatih skuat Garuda kurang lebih dua tahun ini.

Dalam periode tersebut, mantan juru taktik Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu itu, mampu mengubah wajah Timnas Indonesia menjadi segar.

Baca Juga:
Cyrus Margono Dapat Sambutan Hangat usai Mengaku Berminat Jadi WNI

Dari tangannya, Timnas Indonesia saat ini banyak mengandalkan pemain muda yang disertai permainan atraktif nan memanjakan mata.

Meski sempat gagal menjadi juara Piala AFF 2020 lalu, tetap saja pendukung Timnas Indonesia menganggap Shin Tae-yong adalah sosok yang tepat untuk membawa skuat Garuda kembali terbang tinggi.

Sebagai contoh, nama pelatih berusia 51 tahun ini tetap dibela saat Exco (Komite Eksekutif) PSSI, Haruna Soemitro mengkritisinya usai gagal membawa Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2020.

Baca Juga:
Adu Statistik Emil Audero Mulyadi vs Cyrus Margono, Kiper Keturunan Indonesia di Eropa

Karena masifnya dukungan pendukung Timnas Indonesia, nama Shin Tae-yong pun melejit dan kerap menjadi bintang tamu dalam acara-acara kenamaan.

Tak hanya popularitas, masih ada beberapa keuntungan lainnya yang didapatkan Shin Tae-yong selama menukangi Timnas Indonesia sejauh ini.

Apa saja keuntungan itu?

Baca Juga:
Baru Dilepas Roman Abramovich, Chelsea Mau Dibeli Conor McGregor?

1.  Mendapat Hadiah Mobil

Shin Tae-yong dihadiahi mobil. (Instagram/hyundaimotor.indonesia)

Baru-baru ini, Shin Tae-yong mendapatkan hadiah mobil dari sebuah produsen kenamaan asal negerinya, Korea Selatan.

Tak tanggung-tanggung, Shin Tae-yong mendapat dua mobil mewah dari produsen roda empat asal negaranya itu.

Baca Juga:
Sedih Jual Chelsea, Roman Abramovich Relakan Utang Belasan Tahun

Hadiah mobil ini didapatkannya sebagai bentuk apresiasi kerja kerasnya sehingga membawa Timnas Indonesia menembus final Piala AFF 2020.

2.  Pengikut di Instagram Melonjak Drastis

Shin Tae-yong jadi bintang iklan. (Instagram/@shintaeyong7777)

Sepak bola merupakan olahraga terpopuler di Indonesia. Peran Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia tak ayal membuat popularitasnya melejit.

Hal ini diketahui dari jumlah pengikut Instagramnya. Tercatat hingga artikel ini dibuat, Shin Tae-yong telah memiliki 969 ribu pengikut.

Shin Tae-yong sendiri mengaku tak memikirkan dunia maya atau jumlah pengikut. Namun, melonjaknya jumlah pengikut ini diakuinya sebagai hal yang menyenangkan.

3.  Dekat dengan Pesohor

Deddy Corbuzier, Jeong Seok-seo dan Shin Tae-yong. (Instagram/jeongseokseo)

Popularitasnya yang melejit sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia juga membuat Shin Tae-yong juga menjalin hubungan dengan para pesohor di Indonesia.

Tercatat, Shin Tae-yong kerap kedapatan bercengkerama dengan sosok-sosok terkenal seperti Menpora Zainudin Amali dan bahkan sempat diundang ke acara Deddy Corbuzier.

4. Jadi Bintang Iklan

Alfeandra Dewangga membintangi iklan bersama Shin Tae-yong dan Ramai Rumakiek. (Instagram/@alfeandradewangga)

Keuntungan terakhir yang didapatkan Shin Tae-yong adalah menjadi bintang iklan. Belum lama ini, ia membintangi sebuah iklan produk kopi.

Turut hadirnya Shin Tae-yong ke layar kaca sebagai bintang iklan pun seakan mengikuti jejak kompatriotnya, Park Hang-seo yang juga sempat membintangi iklan sebuah platform belanja online di Vietnam.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More