H.M Permana
Levy Madinda ditarik keluar lapangan pada pertandingan Persib vs Dewa United. (MO Persib)

Bolatimes.com - Sebelum resmi dilepas, Levy Madinda punya cerita unik bersama Persib Bandung. Ia rela mengorbankan diri untuk menghadapi 'teror' pemain lawan di kotak penalti.

Situasi tersebut sebelumnya sempat dibahas oleh Levy Madinda bersama para pemain Persib di ruang ganti. Benar saja, pembahasan tersebut menjadi kenyataan dan terjadi saat pertandingan Persib melawan PSIS.

Singkat cerita, wasit Aidil Azmi menunjuk titik putih dan memberikan hadiah penalti untuk Persib, menyusul pelanggaran yang dilakukan pemain PSIS, Gail Freitas kepada Daisuke Sato.

Baca Juga:
Keputusan AFC Berubah, 26 Pemain Boleh Didaftarkan Pada Piala Asia 2023 Sebelumnya Hanya 23

Levy Madinda memutuskan maju mengambil bola bersiap menjadi eksekutor tendangan 12 pas.

Pemain asal Gabon ini tampak percaya diri di tengah teror para pemain PSIS yang berusaha memprovokasinya. Namun, ia sama sekali tidak bergeming dengan gangguan tersebut.

Ketika para pemain PSIS mulai meninggalkanya, Marc Klok tiba-tiba datang mendekati Levy Madinda dan terlibat komunikasi.

Baca Juga:
Maarten Paes Diam-diam Pantau TC Timnas Indonesia di Turki, Suporter Antusias Ajak Bergabung

Levy Madinda pun kemudian pergi menjauh dari bola. Ternyata, eksekutor penalti diserahkan kepada pemain Persib bernomor punggung 23 tersebut.

Marc Klok dengan sempurna menuntaskan eksekusi penaltinya. Persib pun saat itu menang dengan skor 1-2.

"Saya memang tak berniat mengambil tendangan penalti itu," jawab Levy. "Semua (gimmick) itu sudah kami bahas di ruang ganti," ungkap Levy Madinda.

Baca Juga:
Kapten Persib Ungkap Kondisinya di Turki: Keluar dari Zona Nyaman

Apa yang dilakukan Levy Madinda tersebut agar pemain Persib calon penendang penalti yang sebenarnya tidak terganggu oleh provokasi lawan.

"Saya katakan kepada Marc, akan lebih baik saya hanya mengambil bola saja. Lalu pemain lawan akan mendekati saya, sehingga dia (Klok) bisa mengambil waktu sendirian dulu (sebelum menendang penalti)," jelasnya.

Pernah Dilakukan Cesar Azpilicueta

Mantan Bek Chelsea, Cesar Azpilicueta. [Ben STANSALL / AFP]

Apa yang dilakukan Levy Madinda di laga PSIS vs Persib pernah juga dilakukan oleh Cesar Azpilicueta, saat masih membela Chelsea.

Saat itu, Chelsea berjumpa Palmeiras di Piala Dunia Antarklub 2021. Cesar Azpilicueta mengorbankan diri menerima provokasi dari pemain lawan saat maju seolah menjadi eksekutor penalti.

Padahal, ia kemudian memberikan bola kepada Kai Havertz selaku eksekutor yang sebenarnya.

"Saya sudah menduga pemain Palmeiras bakal mengerubungi penendang penalti kami," ungkap Cesar Azpilicueta dikutip dari laman resmi Chelsea.

"Saya sudah bilang pada Kai bahwa ia yang akan menjadi penendang. Saya cuma berusaha menghindarkan tekanan dari dirinya, supaya dia lebih tenang."

"Dengan sisa waktu tiga menit, itu adalah momen penting. Dan berhasil," kenang Cesar Azpilicueta.

Dilepas Persib

Levy Madinda pada pertandingan Persib vs Persikabo. (MO Persib)

Kejadian di atas merupakan salah satu momen yang tidak akan terlupakan dari seorang Levy Madinda bersama Persib.

Kini, pemain yang saat itu memakai nomor punggung 15 tersebut sudah berpisah dengan Persib.

Persib resmi memulangkan Levy Madinda yang dipinjam dari klub raksasa Malaysia, Johor Darul Tazim.

Persib memilih untuk mendatangkan pemain baru, Stefano Beltrame di putaran kedua Liga 1.

Load More