Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Rans Cilegon FC, Rahmad Darmawan. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - Pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan setuju apabila Liga 1 2022/2023 menggunakan wasit asing. Pendapat ini diutarakan buntut kinerja buruk wasit lokal dalam memimpin pertandingan hingga pekan keempat ini.

Rahmad Darmawan menjelaskan wasit yang memimpin Liga 1 2022/2023 masih sering melakukan kesalahan yang merugikan tim yang bertandingan, tidak terkecuali RANS Nusantara FC.

Tepatnya saat RANS Nusantara FC menjamu PSM Makassar di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (16/8/2022). Yakni tak diberikannya sanksi untuk penjaga gawang PSM Makassar yang terlihat menepis bola dengan tangannya di luar kotak penalti.

Baca Juga:
Lakoni Debut di FC Vion Zlate, Egy Maulana Vikri Lewati Jumlah Menit Bermain 3 Pemain Timnas Malaysia

"Jujur kalau melihat rekaman tadi bermain pertama tadi waktu sebelum hujan tadi coba lihat videonya," kata Rahmad Darmawan usai pertandingan.

"Harusnya kita sanggup membuat dia keluar dari gawang dari garis 16 ngeblok. Terus kedua ini Bagas diambil dari belakang kalau itu mau bicara wasit, itu penalti," tambahnya.

Pelatih yang akrab disapa RD itu menjelaskan permasalahan wasit sudah sangat berlarut-larut namun tak ada perkembangan. Menurutnya, salah satu solosi adalah mendatangkan wasit berkualitas dari luar negeri.

Baca Juga:
Dua Kali Kalah di Awal Musim, Teco Bali United Tetap Punya Peluang Jadi Juara

"(Wasit asing) itu memang harus dilakukan supaya ada persaingan. Supaya ada motivasi baru lagi dari wasit-wasit kita," jelasnya.

"Kenapa tidak? buat saya tidak ada saya komplain mengenai apapun untuk kebaikan sepak bola kita, bahkan kalau ada VAR bakal lebih bagus lagi," sambungnya.

Pada Liga 1 2017, Indonesia juga pernah menggunakan jasa sejumlah wasit asing.

Baca Juga:
Sempat Terpuruk, Gregoria Mariska Singgung soal Target di Kejuaraan Dunia 2022

Load More