Husna Rahmayunita
Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti (kiri) dan pemainnya Muhammad Nabil Asyura memberikan pernyataan kepada pewarta usai pertandingan Grup A melawan Singapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (3/8/2022). Laga itu dimenangkan Indonesia dengan skor 9-0. (Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti tetap optimis menghadapi laga final Piala AFF U-16 2022, meski satu gelandangnya yakni Mokhamad Hanif Ramadhan berpotensi absen.

Kondisi Hanif belum fit akibat cedera hingga dirinya absen saat lawan Myanmar di babak semifinal Piala AFF U-16 2022, Rabu (10/8/2022) malam WIB.

Hanif merupakan kepingan penting di lini tengah Indonesia U-16 karena posisinya sebagai gelandang bertahan membuat pesepak bola berusia 15 tahun itu menyeimbangkan permainan skuad.

Penampilan pertama Hanif dalam turnamen ini terjadi saat malawan Filipina kala masuk pada babak kedua menggantikan Achmad Zidan.

Setelah itu, Hanif selalu tampil sejak menit awal pada dua laga Grup A lainnya melawan Singapura dengan melesakkan satu gol, dan versus Vietnam.

Indonesia selalu menang pada tiga laga tersebut sehingga lolos ke semifinal melawan Myanmar, namun Hanif tidak masuk daftar susunan pemain melawan Myanmar.

"Hanif sempat cedera kemarin ketika melawan Vietnam. Dia digantikan begitu babak pertama selesai karena mengalami memar," kata Bima.

Untuk menggantikan Hanif, Bima memasukkan Muhamad Sultan Akbar. Sultan kemudian ditarik keluar pada menit ke-63 untuk memberikan tempat kepada Achmad Zidan.

"Saya melihat Akbar lebih siap. Sebenarnya masih ada lagi Femas (Femas Crespo). Jadi banyak pilihan (untuk gelandang bertahan). Saya tidak ragu dengan para gelandang saya," kata Bima.

Timnas Indonesia U-16 melaju ke final setelah menundukkan Myanmar 5-4 (1-1) lewat adu penalti dalam semifinal tadi malam.
Mereka akan ditantang Vietnam dalam partai puncak di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (12/8/2022) malam WIB.

(Antara)

Load More