Rauhanda Riyantama
Turnamen Toulon. (Laman resmi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia bisa saja berhadapan dengan tim-tim besar dunia seperti Prancis dan Brasil andai mau berpartisipasi di ajang internasional bernama Toulon Cup 2022.

Belakangan ini, jagat sepak bola Tanah Air diributkan dengan cueknya PSSI yang mendapat undangan agar Indonesia turut berpartisipasi di turnamen Toulon Cup.

Ribut-ribut ini diawali dengan unggahan akun Instagram bernama @tournoimrevello yang mengunggah foto Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman saat keduanya berpartisipasi di Toulon Cup pada 2017 silam.

Baca Juga:
3 Kemenangan Terbesar Timnas Indonesia atas Timor Leste, Pernah 6-0

Dalam unggahan itu, terdapat komentar dari netizen Tanah Air untuk mengundang Indonesia kembali agar berpartisipasi di ajang tersebut.

Hanya saja, akun @tournoimrevello menyebut bahwa mereka telah mengirimkan undangan, namun tak mendapat tanggapan dari PSSI.

Komentar itu pun tak ayal menjadi buah bibir di kalangan penikmat sepak bola Tanah Air. Banyak yang menyayangkan sikap PSSI yang cenderung cuek.

Baca Juga:
Kelebihan Taufik Hidayat Dibanding Marco Simic Menurut Pelatih Persija

Kasus ini kian menjadi-jadi setelah Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengomentari bahwa Toulon Cup bukanlah ajang resmi FIFA melalui komentarnya di media sosial Instagram di akun @Football.Noise

Banyaknya kekecewaan yang lahir dari absennya Indonesia di ajang Toulon Cup tak lepas dari gengsi turnamen ini, yang banyak mengundang tim-tim papan atas seperti Brasil dan Prancis.

Baca Juga:
Asnawi 'Diserang' Bek Singapura, Pemain Keturunan Indonesia Kena Imbasnya

Peserta Toulon Cup 2022

Andai PSSI mau menerima tawaran dari Toulon Cup, maka Indonesia berpotensi bisa bertemu dengan negara-negara hebat lainnya.

Selain Indonesia, diketahui ada delapan negara yang mendapat undangan untuk berpartisipasi di Toulon Cup 2022 yakni Prancis selaku tuan rumah, Brasil, Inggris, Portugal, Irlandia, Meksiko, Jepang dan Maroko.

Baca Juga:
Eric Bailly Malah Disanjung usai Pantai Gading Gugur di Piala Afrika 2021

Oleh karenanya, acuhnya PSSI dengan tawaran dari Toulon Cup itu membuat banyak pendukung Indonesia kecewa. Pasalnya, turnamen ini menjadi kesempatan besar bagi para pemain muda Tanah Air untuk meningkatkan pengalaman tanding.

Apalagi, Toulon Cup juga bukan turnamen ecek-ecek. Ajang ini kerap melahirkan pesepak bola papan atas hingga peraih Ballon d'Or seperti Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo, Thierry Henry, Rui Costa, Alan Shearer, Javier Mascherano dan pemain lainnya.

Adapun terakhir kali Indonesia berpartisipasi di ajang Toulon Cup terjadi di tahun 2017. Saat itu, tim Merah Putih diperkuat oleh Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Pada edisi 2017 tersebut, Indonesia berada satu grup dengan Skotlandia, Brasil dan Republik Ceko. Tim Merah Putih hanya mampu mencetak satu gol saja dari tiga laga lewat Hanis Saghara dan berakhir menjadi juru kunci grup.

Meski jadi juru kunci, Indonesia tetap menorehkan tinta emas, di mana Egy meraih penghargaan Breakthrough Player yang juga pernah didapatkan Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More