Rizki Laelani
Skuad Timnas Indonesia U-20 menahan imbang China di laga persahabatan pada Jumat, 22 Maret 2024. - Instagram @timnas.indonesia.

Bolatimes.com - Drama meneganggkan terjadi saat Timnas Indonesia U-20 berhadapan dengan China. Kedua tim sengit bertarung dari awal babah pertaha hingga laga usai. Pertandingngan yang dihelat di Stadion Madya pada Jumat (22/3/2024), akhirnya harus selesai dengan skor imbang 1-1.

Awalnya China mampu menguasai laga dan sukses mencetak gol lebih dulu ke gawang Timnas Indonesia.

Kemudian pada akhir babak kedua, Timnas Indonesia U20 berhasil menyamakan kedudukan melalui gol dari Figo Dennis pada menit ke-90+2.

Gol tersebut membuat pertandingan berakhir imbang, memaksa kedua tim harus puas dengan hasil tersebut.

Baca Juga:
Lebih Dekat dengan Jay Idzes Pemain Kelahiran Belanda yang Sukses Jadi Benteng Kokoh Timnas Indonesia vs Vietnam

Kedua tim akan bertemu lagi dalam pertandingan uji coba kedua yang akan diselenggarakan pada 25 Maret 2024 mendatang.

Jalannya pertandingan

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

Baca Juga:
Soal Hokky Caraka Jadi Starter, Begini Penjelasan Shin Tae-yong

Pada awalnya, Indonesia mencoba mengendalikan permainan dengan mendominasi posisi bola, tetapi belum ada ancaman yang signifikan.

Namun, semangat Timnas U20 mulai meredup setelah 10 menit pertandingan, memungkinkan China U20 untuk menyerang dengan lebih agresif.

Ikram menjadi pahlawan dengan menghalau dua peluang berbahaya dari China U20 pada menit ke-11.

Baca Juga:
Ngeri! Barcelona Belum Selesai, Ini 4 Pemain Incaran untuk Musim Ini

Arkhan Kaka akhirnya membuka peluang pertama bagi Indonesia dengan sundulan yang menghasilkan sepak pojok pada menit ke-12, tetapi upaya tersebut tidak menghasilkan gol.

Ikram kembali menunjukkan kehebatannya dengan menghalau tendangan dari striker China U20, tetapi tendangan sudut yang dihasilkan akhirnya menghasilkan gol bagi China melalui sundulan Peng Xiao pada menit ke-14.

Hingga menit ke-20, Timnas Indonesia U20 kesulitan dalam melakukan passing. China U20 semakin agresif dalam serangan mereka menuju menit ke-30, meskipun belum ada peluang berbahaya yang tercipta.

Sementara itu, upaya Timnas U20 Indonesia untuk mengoper bola ke Arkhan selalu gagal.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan China U20. Di babak kedua, Timnas U20 mencoba bermain lebih terbuka dan lebih terorganisir.

Meskipun begitu, tekanan dari China tidak surut. Beberapa pemain U20 masih kesulitan dalam duel fisik dengan lawan.

Hal ini menjadi kendala bagi tim yang diasuh oleh Indra Sjafri ini. Meskipun Indonesia membangun serangan dengan menggunakan keahlian individu pemain, hingga menit ke-75, belum ada hasil yang signifikan.

Namun, mereka berhasil mendapat hadiah penalti pada menit akhir, setelah Toni Firmansyah dilanggar di dalam kotak penalti.

Figo Dennis berhasil mengonversi penalti tersebut dengan baik, menyamakan skor menjadi 1-1.

Skor tersebut bertahan hingga akhir pertandingan, mengakhiri laga dengan hasil imbang antara Timnas Indonesia dan China.

Susunan Pemain

Timnas U20 Indonesia (4-3-3)

Ikram; Sulthan Zaky, Mufdi, Iqbal, Dony; Kafiatur, Rahmat Syawal, Dani; Arkhan Kaka, Ariansyah, Afrisal.

Pelatih: Indra Sjafri. (*)

 

Load More