Irwan Febri Rialdi
Pemain timnas Indonesia Evan Dimas (tengah) menggiring bola dibayangi pemain timnas Timor Leste Joao Pedro Da Silva Freitas (kiri) dan Armindo Correia De Almeida dalam pertandingan penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia bakal menghadapi Timor Leste pada laga uji coba di FIFA Match Day awal tahun ini. Laga ini dijadwalkan berlangsung dua kali.

Pertemuan pertama antara Timnas Indonesia vs Timor Leste bakal berlangsung pada Kamis (27/1/2022) malam WIB di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Pertemuan kedua rencananya berlangsung tiga hari setelahnya atau pada Minggu (30/1). Ini menjadi laga penting buat Indonesia untuk mendongkrak posisi di rangking FIFA.

Baca Juga:
Kelebihan Taufik Hidayat Dibanding Marco Simic Menurut Pelatih Persija

Modal positif dibawa Indonesia karena Shin Tae-yong membawa pemain-pemain terbaik, plus beberapa pemain debutan di partai tersebut.

Selain itu, di atas kertas Indonesia juga unggul soal rekor pertemuan. Dalam 4 pertemuan yang sudah dilakoni, Indonesia selalu meraih kemenangan. Bahkan, ada beberapa pertemuan di mana tim 'Merah Putih' mampu menang besar.

Berikut ulasannya:

Baca Juga:
Asnawi 'Diserang' Bek Singapura, Pemain Keturunan Indonesia Kena Imbasnya

1. Indonesia 6-0 Timor Leste

Kemenangan besar yang diraih Indonesia atas Timor Leste adalah pada pertemuan pertama kedua tim. Momen ini terjadi pada 21 November 2010 di Palembang.

Pada pertandingan tersebut, gol-gol Indonesia berasal dari aksi Muhammad Ridwan, Oktavianus Maniani, Cristian Gonzales, Bambang Pamungkas, dan Yongki Aribowo.

Baca Juga:
Eric Bailly Malah Disanjung usai Pantai Gading Gugur di Piala Afrika 2021

2. Indonesia 4-0 Timor Leste

Dalam persiapan menuju Piala AFF 2014 saat itu, Indonesia kembali mengundang Timor Leste untuk menjadi lawan tanding di laga uji coba.

Lagi-lagi Timnas Indonesia berhasil memberondong gawang tim berjuluk The Little Samba Nation tersebut dengan 4 gol tanpa balas.

Baca Juga:
Evan Dimas Sanjung Dua Wonderkid Timnas Indonesia Jelang Lawan Timor Leste

3. Indonesia 3-1 Timor Leste

Pertemuan terakhir antara Timnas Indonesia dan Timor Leste melahirkan kemenangan terbesar terakhir Indonesia atas Timor Leste.

Pertandingan yang terjadi di laga resmi yaitu Piala AFF 2018 saat itu berakhir dengan skor 3-1. Ini menjadi kali pertama Timor Leste mampu mencetak gol ke gawang Indonesia.

Adapun, tiga gol yang dicetak oleh Indonesia berasal dari aksi Alfath Fathier, Stefano Lilipaly, dan Beto Goncalves.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More