Arif Budi Setyanto
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Media Vietnam membahas keikutsertaan tim ASEAN di Piala Asia 2023. Timnas Indonesia disebut sebagai yang terbaik dalam kualifikasi yang digelar Juni lalu.

Sebagaimana diketahui jumlah tim dari Asia Tenggara yang mengikuti Piala Asia 2023 ada empat, yaitu timnas Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Ini menjadi rekor terbanyak sejak 2007.

"Dalam sejarahnya, Asia Tenggara pernah memiliki empat wakil di Piala Asia, itu pada tahun 2007, ketika 4 negara Vietnam, Thailand, Malaysia dan Indonesia menjadi tuan rumah bersama," tulis laporan Soha.vn disadur pada Rabu (16/11/2022).

Baca Juga:
5 WAGs Tercantik Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Salah Satunya Mama Muda

"Namun, Piala Asia 2023 adalah pertama kalinya wakil ASEAN punya empat tim yang lolos dari hasil kualifikasi," imbuhnya.

Dalam laporan itu, timnas Indonesia disebut menjadi wakil terbaik dari Asia Tenggara dalam kualifikasi. Sebab, skuad Garuda mampu lolos, meski dikepung tim kuat.

Timnas Indonesia tergabung dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal. Hasilnya anak asuh Shin Tae-yong mampu menang dua kali dan satu kali kalah.

Baca Juga:
3 Wasit Wanita di Piala Dunia 2022, Ada yang Dari Asia

"Indonesia menciptakan kemenangan impresif. Di bawah pelatih Shin Tae-yong mereka menciptakan tekanan dan contohnya menang lawan Nepal dengan skor 7-0," tulis media Vietnam.

"Dengan raihan 6 poin dan selisih gol +7, Indonesia menjadi wakil Asia Tenggara dengan rekor terbaik di babak kualifikasi Piala Asia dan akan hadir ke putaran final sejak 2007," imbuh laporan tersebut.

Sementara itu, Piala Asia 2023 awalnya bakal digelar di China yang kemudian mundur. Qatar kemudian ditunjuk sebagai tuan rumah mengalahkan Indonesia serta Korea Selatan yang juga mengajukan diri.

Baca Juga:
Profil Alphonso Davies, Lahir di Kamp Pengungsian Perang Kini Jadi Bintang Kanada di Piala Dunia 2022

Load More