Rauhanda Riyantama
Potret pemain Persis Solo saat tampil di Piala Presiden 2022. (Dok. Persis Solo)

Bolatimes.com - Berikut rapor 3 tim promosi Liga 1 2022-2023 hingga pekan keempat, di mana juara Liga 2 musim lalu, Persis Solo, ternyata menjadi tim dengan catatan terburuk.

Biasanya, tim promosi selalu diremehkan di pentas teratas. Hal ini tak lepas dari kualitas tim-tim tersebut bila dibandingkan tim-tim yang sudah berada di kasta teratas.

Hal serupa berlaku di kompetisi Liga 1 beberapa musim terakhir. Banyak tim-tim promosi kesulitan menghadapi kerasnya persaingan di pentas teratas di musim pertamanya.

Baca Juga:
Mengenal Paul Munster, Eks Pelatih Bhayangkara FC yang Diangkat Jadi Dirtek Brunei Darussalam

Sebagai contoh adalah Kalteng Putra. Tim berjuluk Laskar Isen Mulang ini sempat mencuri perhatian pasca promosi ke Liga 1 pada 2018.

Namun di Liga 1 2019, Kalteng Putra kesulitan bersaing dengan para The Big Boys atau tim-tim besar yang ada di Liga 1 musim tersebut.

Di musim perdananya di Liga 1 2019, Kalteng Putra pun harus kembali ke Liga 2, usai menjadi juru kunci dengan raihan 31 poin dari 8 kemenangan, 7 hasil imbang, dan 19 kekalahan.

Baca Juga:
Benjamin Mora Follow Instagram Persib Bandung, Pertanda Gantikan Robert Alberts?

Lantas bagaimana dengan 3 tim promosi Liga 1 musim 2022/2023 ini seperti Persis Solo, RANS Nusantara FC, dan Dewa United?

Bagaimana kiprah ketiga tim promosi Liga 1 2022/2023 ini di musim perdananya di kancah Liga 1 hingga pekan keempat ini?

1. Dewa United

Baca Juga:
Kisah Tragis Justin Fashanu, Eks Manchester City yang Ditemukan Tewas Bunuh Diri

Pemain Dewa United FC berselebrasi merayakan gol yang dicetak Rangga Muslim Perkasa (bawah) ke gawang PSIS Semarang pada pertandingan grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/6/2022). [ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj]

Dibanding RANS Nusantara dan Persis Solo, tim peringkat tiga Liga 2 musim lalu, Dewa United, punya kiprah mentereng di Liga 1 2022/2023 ini.

Klub berjuluk Tangsel Warriors itu mampu meraih 2 kemenangan dan 2 hasil imbang dari 4 laga Liga 1 2022/2023 yang telah dijalani, dengan raihan 7 poin dan catatan mencetak 6 gol serta kebobolan 6 gol.

Berkat kiprahnya ini, Dewa United untuk sementara mengungguli tim-tim besar seperti Persija Jakarta, Bali United, Persebaya Surabaya dan Persib Bandung di klasemen, dengan menempati peringkat ke-7.

Baca Juga:
PSSI Buka Suara usai Timnas Indonesia U-16 Tampil di Konser Dangdut

2. RANS Nusantara FC

Striker RANS Nusantara Fc, Septian Bagaskara. (Dok. RANS)

Runner Up Liga 2 musim lalu, RANS Nusantara FC, bisa dikatakan masih cukup kesulitan bersaing di Liga 1 2022/2023 sejauh ini.

Dalam 4 pertandingan yang telah dijalani, The Prestige Phoenix hanya mampu meraih 2 hasil imbang dan 2 kekalahan, dengan raihan 2 poin dan catatan mencetak 7 gol serta kebobolan 9 gol.

Padahal, RANS tergolong jor-joran dalam memboyong pemain bintang, seperti Makan Konate dan Mitsuru Maruoka. Namun, di 4 laga ini tim milik Raffi Ahmad itu harus terdampar di posisi ke-16 klasemen.

3. Persis Solo

Bek Persis Solo Jaimerson Xavier, merayakan gol ke gawang Persik Kediri dalam uji coba di Stadion Wilis, Kota Madiun, Minggu (17/7/2022) sore. [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

Juara Liga 2 musim lalu, Persis Solo, bisa dikatakan tim paling apes di Liga 1 2022/2023 sejauh ini. Pasalnya, Laskar Sambernyawa menjadi satu-satunya tim yang belum pernah meraih 1 poin pun.

Dalam 4 pertandingan yang telah dilakoni, Persis Solo mendulang 4 kekalahan dengan mencetak 4 gol dan kebobolan 9 gol dari lawan-lawannya.

Kini, Persis Solo pun berstatus tim juru kunci Liga 1 2022/2023. Catatan ini terbilang ironis, mengingat Laskar Sambernyawa tergolong jor-joran untuk mendatangkan pemain bintang dan juga dilatih pelatih sekaliber Jacksen F Tiago.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More