Irwan Febri Rialdi
Wasit Iwan Sukoco. (Dok. Borneo FC)

Bolatimes.com - PSSI berencana untuk menugaskan asisten wasit tambahan mulai Seri 4 BRI Liga 1 2021/2022 dan semifinal Liga 2 2021. Dua tambahan asisten wasit itu akan berada di masing-masing garis gawang.

Namun, sebelum melaksanakan hal ini, PSSI lebih dulu akan bersurat dan menunggu persetujuan dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Sebab, lazimnya dalam sebuah pertandingan hanya ada empat wasit yakni tengah, dua asisten, dan cadangan.

Rencana PSSI ini tidak melanggar peraturan permainan. Hal ini dilakukan sambil menunggu diterapkannya penggunaan VAR (Video Assistant Referee) di kompetisi sepakbola Indonesia.

Baca Juga:
Kalah Tipis, Mauricio Pochettino Akui PSG Menderita Hadapi Manchester City

Apa yang dilakukan PSSI juga sebagai salah satu jalan keluar sorotan masyarakat terhadap kinerja wasit di sepakbola Indonesia. Diharapkan kinerja wasit bisa menjadi lebih baik.

Salain perangkat pertandingan bakal ditambah, PSSI juga akan mendatangkan direktur teknik wasit dari luar negeri yang direkomendasikan oleh AFC dengan tugas mengevaluasi dan merekomendasikan wasit dalam pertandingan Liga 1.

"Jadi dengan asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat bisa diminimalisasi dan dievaluasi," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam rilis yang diterima Suara.com.

Baca Juga:
Simpang Siur Lokasi Formula E, Keputusan di Tangan Jokowi

Iriawan melanjutkan sebelum menugaskan asisten wasit tambahan, mereka akan lebih dulu dikursuskan secepat mungkin.

Tujuannya agar mereka siap bertugas di Seri empat BRI Liga 1 yang rencananya berlangsung di Bali mulai 5 Januari 2022 dan semifinal Liga 2.

"PSSI ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepakbola Indonesia," pungkas mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Baca Juga:
Man City Pecundangi PSG, Pep Guardiola Klaim Duel yang Dinikmati Penonton

(Suara.com)

Load More