Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Menjelang duel melawan Brunei Darussalam pada pertandingan kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, timnas Indonesia U-19 punya rekor pertemuan yang sangat impresif.

Menurut catatan pertemuan di Piala AFF U-19, timnas Indonesia U-19 dan Brunei Darussalam sudah berjumpa sebanyak lima kali. Dari semua pertemuan itu, Indonesia selalu sukses jadi pemenang.

Tak hanya itu saja, rekor kemenangan timnas Indonesia U-19 kontra Brunei Darussalam di ajang Piala AFF U-19 juga selalu diwarnai dengan margin gol yang fantastis.

Salah satu kemenangan dengan skor paling mencolok yang pernah dicatatkan oleh timnas Indonesia U-19 saat berjumpa Brunei Darussalam terjadi pada edisi 2011.

Saat itu, timnas Indonesia U-19 mampu menggulung Brunei dengan skor sangat telak, yakni 10-0. Sayangnya, ketika itu langkah skuad Garuda Nusantara tak terlalu impresif.

Pascamenang telak atas Brunei, timnas Indonesia U-19 justru gagal merebut tiket untuk lolos dari fase penyisihan grup Piala AFF U-19 2011.

Sementara itu, pada pertemuan terakhir, timnas Indonesia U-19 juga masih terlalu perkasa saat menghadapi Brunei Darussalam.

Pasalnya, Garuda Nusantara yang saat itu diasuh oleh Fakhri Husaini sukses menghajar Brunei dengan skor 6-1 pada gelaran yang berlangsung di Vietnam tersebut.

Bagus Kahfi dan Rendy Juliansyah menjadi bintang kemenangan karena masing-masing sukses melesakkan dua gol pada laga tersebut.

Tentu saja, catatan ini tidak akan berdampak pada pertandingan kedua tim yang akan berjumpa pada laga lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Sebab, dalam duel yang akan terselenggara di Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi, Senin (4/7/2022) itu, kekuatan Indonesia dan Brunei Darussalam sudah jauh berbeda.

Namun demikian, rekor pertemuan positif yang telah dicatatkan oleh timnas Indonesia U-19 selama menghadapi Brunei Darussalam bisa jadi motivasi tersendiri bagi Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

Selain memperpanjang rekor kemenangan, tim asuhan Shin Tae-yong juga membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos ke fase semifinal Piala AFF U-19 2022.

Bukan tidak mungkin, Indonesia akan kembali meraih kemenangan dengan skor akhir yang mencolok. Sebab, Brunei sebelumnya sempat dihantam Myanmar tujuh gol tanpa balas.

Rekor Pertemuan Indonesia vs Brunei Darussalam di Piala AFF U-19

Piala AFF U-19 2005 – Indonesia vs Brunei Darussalam (5-0)

Piala AFF U-19 2011 – Indonesia vs Brunei Darussalam (10-0)

Piala AFF U-19 2012 – Indonesia vs Brunei Darussalam (5-0)

Piala AFF U-19 2017 – Indonesia vs Brunei Darussalam (8-0)

Piala AFF U-19 2019 – Indonesia vs Brunei Darussalam (6-1)

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More