Husna Rahmayunita
Kapten Timnas Putri Indonesia, Zahra Muzdalifah dikepung pemain Australia dalam laga Piala Asia Wanita 2022. (PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Putri Indonesia kembali takluk di Piala Asia Wanita 2022 usai dikalahkan Thailand dengan skor 0-4, Senin (24/1/2022) malam.

Ini menjadi kekalahan kedua yang didapat Timnas Putri Indonesia, setelah sebelumnya kalah telak dari Australia dengan skor 0-18.

Mental skuad Garuda Pertiwi disebut menjadi salah satu penyebab hasil tak memuaskan ini. Hal itu diungkap sang pelatih, Rudy Eka Priyambada.

Baca Juga:
Pantang Anggap Remeh, Marselino Ferdinan Sebut Timor Leste Tim Agresif

"(Kekalahan-red) ini merupakan masalah mentalitas tim saya. Kebanyakan dari mereka memang tidak pernah menghadapi pertandingan internasional seperti ini. Saya pikir kami mesti terus belajar," ujar Rudy dalam konferensi pers virtual setelah pertandingan.

Menurutnya, belum terbentuknya kekuatan psikologis menghadapi turnamen Piala Asia membuat para pemain kesulitan mengembangkan performa di lapangan.

Akibatnya, Zahra Muzdalifah dan kawan-kawan tak mampu mengendalikan pertandingan dan menguasai bola dengan baik.

Baca Juga:
Sederet Jam Tangan Mewah yang Pernah Melingkar di Tangan Ronaldo

Selain itu, kata Rudi, anak asuhnya tak fasih dalam membuat keputusan dasar yang penting, misalnya kapan harus mengoper dan menggiring bola.

"Pemain kami datang ke turnamen ini dengan perasaan gugup, terutama ketika merasakan suasana, melihat stadion dan lawan-lawan yang kami hadapi," imbuhnya.

Kendati begitu, eks asisten klub Bahrain Al-Najma tersebut menekankan jika ini bagian dari proses yang mesti dihadapi.

Baca Juga:
5 Pemain yang Memiliki Skill Paling Lincah, Ada Messi hingga Ronaldinho

"Ini semua proses yang harus kami lewati agar sepak bola putri Indonesia semakin berkembang," pungkasnya.

Tim putri Indonesia ditaklukkan Thailand dengan skor 0-4 pada laga Grup B Piala Asia 2022 di Mumbai, India, Senin (24/1) malam WIB. Sebanyak tiga gol Thailand dalam laga itu dilesakkan oleh Kanyanat Chetthabut, sementara sisanya dibuat Irravadee Makris.

Selanjutnya, Skuad Garuda akan menjalani laga ketiga di  fase grup B dengan melawan Filipina pada Kamis (27/1/2022) mendatang, demikian dikutip dari Antara.

Baca Juga:
Terdampar di Jurang Degradasi, Watford Pecat Claudio Ranieri

Load More