Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Korea Utara saat tampil di Piala Dunia 1966. (Dok. AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan negara Asia yang pernah rasakan kemenangan di ajang Piala Dunia. Di mana salah satunya adalah Korea Utara.

Dibandingkan benua atau zona lainnya, Asia bukanlah kekuatan besar di sepak bola, terutama di pentas sekelas Piala Dunia.

Sepanjang sejarah kesertaan negara-negara Asia di Piala Dunia, pencapaian terbaik wakil benua kuning hanyalah mencapai babak semifinal saja.

Baca Juga:
Disinggung Soal Laga Uji Coba Timnas Indonesia vs Bali United, Ini Reaksi Shin Tae-yong

Selain itu, wakil-wakil Asia di pentas Piala Dunia seakan hanya sebagai pelengkap saja di fase grup maupun di babak gugur.

Hal ini nyatanya bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Sebab, faktanya sepak bola Asia memang tertinggal jauh dari zona atau benua lainnya.

Meski begitu wakil-wakil Asia di Piala Dunia kerap menghadirkan kejutan dengan meraih kemenangan. Tak tanggung-tanggung, kemenangan pun bisa didapatkan atas tim-tim besar di jagat sepak bola.

Baca Juga:
Jordi Amat Starter, JDT Tumbang saat Uji Coba Lawan Borussia Dortmund

Berikut Bolatimes.com rangkum negara-negara Asia yang mampu meraih kemenangan di Piala Dunia hingga edisi 2022 ini.

1. Jepang (6 Kemenangan)

Meski pencapaian terbaik Jepang di Piala Dunia hanya mencapai babak 16 besar, namun Samurai Biru bisa dikatakan salah satu wakil terbaik Asia di ajang ini.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Latihan di Lapangan Bali United, Marc Klok: Rumput Sangat Baik, Tapi...

Sebab, Jepang telah mengantongi 6 kemenangan dari 23 laga yang telah dimainkannya di Piala Dunia sejak pertama kali berpartisipasi di tahun 1998.

Kemenangan-kemenangan Jepang ini bahkan didapat dari tim-tim yang secara status lebih kuat. Terbaru adalah saat Samurai Biru mengalahkan Jerman di fase grup Piala Dunia 2022.

2. Korea Selatan (6 Kemenangan)

Baca Juga:
Peluang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Makin Kecil, Rusia Jadi Penyebabnya

Korea Selatan menjadi salah satu negara Asia yang paling rajin bermain di Piala Dunia. Bahkan, Taeguk Warriors menjadi satu-satunya negara dari benua kuning yang bisa mencapai semifinal ajang ini.

Hingga artikel ini dibuat, Korea Selatan telah tampil di Piala Dunia sebanyak 36 kali dengan mencatatkan enam kemenangan di Piala Dunia.

Enam kemenangan itu pun didapatkan dari tim-tim besar. Adapun kemenangan terakhir Korea Selatan di Piala Dunia terjadi pada 2018 lalu kala mengalahkan Jerman di babak grup di bawah arahan Shin Tae-yong.

3. Arab Saudi (4 Kemenangan)

Arab Saudi juga menjadi salah satu wakil Asia yang kerap tampil di Piala Dunia. Tercatat, The Green Falcons telah tampil sebanyak 18 kali di ajang ini.

Dalam 18 kali penampilan di Piala Dunia, Arab Saudi mampu meraih empat kemenangan sejak partisipasinya pertama kali pada edisi 1994.

Tim yang dikalahkan Arab Saudi pun merupakan tim-tim besar seperti Belgia pada 1994 dan Argentina pada Piala Dunia 2022 ini.

4. Iran (3 Kemenangan)

Tim terbaik di Asia saat ini, Iran, juga tak mau ketinggalan sebagai salah satu wakil terbaik Asia di ajang sekelas Piala Dunia.

Iran sendiri telah tampil sebanyak 17 kali di Piala Dunia hingga edisi 2022 ini. dari 17 penampilan itu, Team Melli sudah mencetak tiga kemenangan.

Tiga kemenangan ini diraih Iran masing-masing pada 1998 saat melawan Amerika Serikat, Maroko pada 2018, dan Wales pada 2022 ini.

5. Korea Utara (1 Kemenangan)

Dibanding negara-negara Asia lainnya di daftar ini, Korea Utara bukanlah negara yang rajin tampil di Piala Dunia.

Tercatat tetangga Korea Selatan ini baru dua kali berpartisipasi di Piala Dunia, yakni pada tahun 1966 dan 2010 silam.

Dalam partisipasinya itu, Korea Utara hanya mampu meraih kemenangan sekali saja. Tapi satu kemenangan ini didapatkan dari tim kuat yakni Italia pada Piala Dunia 1966 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More