Pipin Lukmanul Hakim
Pemain naturalisasi asal Belanda, Thom Haye mencium bendera Merah Putih usai mengambil sumpah kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. (dok. PSSI).

Bolatimes.com - Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda.

Thom Haye resmi menjadi WNI usai menjalani pengambilan sumpah WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur, pada Senin malam WIB.

"Banyak sekali (yang aku lakukan, aku bermain game, setelah pertandingan aku pergi ke bandara, lalu aku melakukan perjalan delapan belas jam, dan dari bandara langsung ke kantor untuk segera menyelesaikan semuanya," kata Thom Haye.

Baca Juga:
5 Ribu Gol Pulisic di AC Milan Bikin Merinding, Legenda Brasil Bisa Geleng-Geleng

Gelandang berusia 29 tahun itu mengakui, meski proses menjadi WNI-nya ini sangat melelahkan. Dirinya sangat bahagia menjadi WNI.

"Ini hari yang sangat panjang, tapi aku sangat bahagia," kata Thom.

Setelah resmi menjadi WNI, Thom memasang target dapat membantu perkembangan sepak bola Indonesia, berbekal pengalaman malang-melintang di sepak bola Belanda.

Baca Juga:
Lawan China Timnas Indonesia U-20 Terancam Kehilangan 2 Pemain Keturunan

Selama karirnya, Thom telah memperkuat lima klub Negeri Kincir Angin tersebut, seperti AZ Alkmaar, Willem II, ADO Den Haag, NAC Breda, dan sekarang ini SC Heerenveen.

"Aku ingin berkontribusi dalam perkembangan sepak bola Indonesia juga kepada tim, dan aku harap kita juga bisa mendapatkan hasil yang kita inginkan," kata Thom.

Kemudian, Thom turut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang membantunya merampungkan proses naturalisasi.

Baca Juga:
Kalkulasi Kemenangan 10 Pemain Persib atas Persikabo, Bojan Hodak Salahkan Strategi Menyerang

Ia juga berterima kasih kepada suporter Indonesia, yang tiada hentinya memberikan dukungan padanya.

"Luar biasa, aku rasa aku sudah mengikuti prosesnya, aku mendapat banyak pesan, dan dukungan. Jadi, aku sangat senang untuk itu, dan terima kasih atas semua dukungannya," kata Thom.

Dengan demikian, Thom berkesempatan mencatatkan debutnya pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi pada 26 Maret nanti.

Baca Juga:
Ucapan Selamat Top Skor Liga 1 untuk Para Pemain Persib

Apabila persyaratan yang dibutuhkan seperti mendapat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Paspor, dan perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI dapat selesai tepat waktu.(*)

Load More