Arif Budi Setyanto
Presdien FIFA, Gianni Infantino memberikan pidato saat kongres FIFA di Moskow (13/6) [Mladen Antonov/AFP]

Bolatimes.com - Presiden FIFA Gianni Infantino hadir dalam upacara pembukaan Piala AFF 2020. Dalam kesempatan itu, dia mengatakan FIFA akan mengambil langkah agar turnamen antarnegara ASEAN ini bisa lebih prestise.

Sebagaimana diketahui, Piala AFF 2020 merupakan turnamen tertinggi bagi negara-negara di Asia Tenggara. Sayangnya ajang ini kadang tak maksimal karena tim nasional tak bisa leluasa memanggil para pemain terbaiknya.

Pasalnya Piala AFF 2020 sendiri adalah turnamen yang tidak termasuk dalam agenda resmi FIFA. Hal itu berarti klub tidak wajib melepas pemain yang dipanggil timnas.

Baca Juga:
Tajir dari Lahir, Bos Rans Cilegon FC Bongkar Jumlah Endorse Anaknya

Misalnya seperti Egy Maualan Vikri yang tidak dilepaskan FK Senica secara langsung. Klub asal Slovakia itu dikabarkan bakal melepas pemain berusia 22 tahun itu ke Indonesia usai agenda klub di Desember ini selesai.

Bukan hanya itu, Dion Cools yang dipanggil Malaysia juga tak bisa bergabung tepat waktu. Dari jadwal yang ada, FC Midtjylland, klub sang pemain punya agenda terakhir sebelum libur musim dingin pada 13 Desember menghadapi Brondby di Piala Denmark.

Setelah itu, barulah Dion Cools akan terbang ke Singapura untuk bergabung dengan Malaysia yang berjuang di Piala AFF 2020.

Baca Juga:
Sembuh dari Covid-19, De Bruyne akan Tampil di Laga RB Leipzig vs Man City

Nah, demi menghindari hal-hal seperti itu, Gianni Infantino akan mengambil langkah agresif. Dia punya pendekatan agar Piala AFF nantinya bisa diperkuat pemain-pemain terbaik dari negaranya masing-masing.

Alih-alih menambah jendela internasional yang ada, Infantino ingin memperpanjang jeda internasional. Sehingga klub bisa melepas pemainnya untuk membela negara masing-masing.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, datang di pembukaan Piala AFF 2020. (ESPN)

"Daripada lebih banyak jendela internasional. Kita harus menyusunnya menjadi jendela internasional yang lebih panjang," ucap Infantino dikutip dari ESPN pada Selasa (7/12/2021).

Baca Juga:
Waktu Persiapan Sempit, Barito Putera Bakal All Out Hadapi Persik Kediri

Terlepas dari itu, sebagaian pertandingan Piala AFF 2020 kini sudah dimainkan. Tim-tim seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam berhasil meraih kemenangan perdana.

Adapun Indonesia masih harus menunggu hingga Kamis (9/12/2021) untuk berlaga di Piala AFF 2020. Laga perdana anak asuh Shin Tae-yong bakal menghadapi Kamboja.

Baca Juga:
Jurgen Klopp Beri Bocoran soal Nasib Mohamed Salah di Liverpool

Load More