Irwan Febri Rialdi
Bintang Timor Leste, Gali Freitas. (DOk. FFTL)

Bolatimes.com - Salah satu kontestan Piala AFF 2020 yang sampai saat ini masih belum tercium kekuatannya ialah timnas Timor Leste.

Setelah memastikan lolos ke putaran final karena Brunei Darussalam mundur dari ajang play-off Piala AFF 2020, peta kekuatan timnas Timor Leste masih belum teridentifikasi.

Pada Piala AFF 2020, Timor Leste akan tergabung di Grup A bersama Filipina, Thailand, Myanmar, dan tuan rumah Singapura.

Baca Juga:
5 Bintang Muda yang Patut Dinantikan Kiprahnya pada Piala AFF 2020

Saat ini, skuad berjulukan The Rising Sun itu berada di bawah asuhan pelatih asal Brasil, yakni Fabio Magrao.

Pada salah satu pertandingan uji cobanya, Timor Leste sukses meraih kemenangan mengejutkan atas Filipina dengan skor 1-0.

Barangkali, satu-satunya nama pemain Timor Leste yang bisa diidentifikasi oleh pesaing-pesaingnya ialah Gali Freitas.

Baca Juga:
Bos Persikota Salah Tingkah sampai Merinding Tatonya Diintip Tante Ernie

Mantan pemain timnas Timor Leste U-19 yang sempat dituduh mencuri umur itu saat ini menjadi salah satu nama yang memperkuat timnya pada Piala AFF 2020.

Sebelumnya, kasus pencurian umur yang dituduhkan kepada Gali Freitas itu muncul pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-19 2020.

Saat itu, Timor Leste U-19 berada di Grup G dan bersaing dengan Timnas Indonesia U-19, Hong Kong U-19, dan Korea Utara U-19.

Baca Juga:
So Sweet! Kisah Luka Modric Jadi Ayah Rodrygo Goes di Real Madrid

Satu tahun sebelumnya, Gali Freitas juga ikut memperkuat timnas Timor Leste U-15 pada kejuaraan Piala AFF U-16 2019.

Ketika itu, dia menjadi andalan Timor Leste dan sukses mengumpulkan tujuh gol dan menjadi top skor turnamen.

Karena dua penampilan berbeda itu, Gali Freitas dituduh melakukan pencurian umur. Awalnya, tuduhan ini mencuat di media Vietnam, Bongda.vn.

Baca Juga:
Profil Arif Aiman Hanapi, Bintang Muda JDT Pengganti Mohamadou Sumareh

Sebab, ada dua identitas berbeda yang menjelaskan nama Gali Greitas. Pada situs Transfermarkt dan situs resmi AFF, Gali Freitas lahir pada 31 Desember 1996.

Sementara itu, pada laman World Football, Gali Freitas lahir di Dili pada 31 Desember 2004. Apabila dibandingkan, dua pemain ini memiliki tanggal dan bulan lahir yang sama, tetapi hanya berbeda tahunnya.

Singapura dan Myanmar sempat mengajukan laporan kepada AFF terkait kejanggalan ini. Namun, hasilnya nihil. AFF menyebut bahwa tidak ada pencurian umur yang dilakukan Gali Freitas.

Selain nama Gali Freitas yang sempat muncul dalam sesi latihan timnas Timor Leste, sampai saat ini belum ada daftar skuad yang dirilis secara resmi.

Sebagian besar media hanya merujuk pada data-data yang tercantum dalam laman Transfermarkt.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More