Husna Rahmayunita | Rully Fauzi
Potret aksi pemain Timnas Indonesia U-23 saat melawan Timor Leste di Piala AFF U-23 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 gugur di Piala AFF U-23 2023 andai Malaysia dan Timor Leste main mata di laga pamungkas Grup B.

Malaysia dan Timor Leste dijadwalkan beradu kekuatan pada Selasa (22/8/2023) dan hasil pertandingan tersebut akan menentukan nasib Timnas Indonesia U-23.

Setelah melalui dua pertandingan dengan hail kalah dari Malaysia dan menang tipis atas Timor Leste, Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong duduk di posisi runner-up Grup B dengan 3 poin.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF U-23 2023: Hajar Kamboja, Thailand Jaga Asa Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal

Timnas Indonesia masih kalah dari Timnas Malaysia U-23 yang duduk di puncak. Harima Malaya Muda memang mengoleksi tiga angka sama seperti Timnas Indonesia U-23. Namun, Malaysia U-23 unggul selisih gol dan head-to-head, plus baru melakoni satu pertandingan.

Lantas, siapa saja tim yang akan lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023? Menurut regulasi, hanya juara grup (A, B dan C) dan runner-up terbaik (salah satu dari runner-up Grup A, B dan C) yang lolos ke semifinal Piala AFF U-23.

Saat ini, Timnas Indonesia U-23 hanya bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-23 lewat jalur runner-up terbaik. Timnas Indonesia finis sebagai runner-up terbaik jika Vietnam menang atau imbang lawan Filipina, Thailand menang atau imbang lawan Kamboja dan Malaysia menang atau imbang lawan Timor Leste di matchday pamungkas grup.

Baca Juga:
Respek, Pemain dan Staf Timor Leste Menunduk dan Jabat Tangan Shin Tae-yong

Menarik melihat fakta bahwa nasib Timnas Indonesia tergantung hasil laga Malaysia vs Timor Leste nanti malam. Jika Timor Leste menang atas Malaysia, Timnas Indonesia berpotensi tersingkir!

Andai Timor Leste mengalahkan Malaysia, koleksi poin mereka plus Timnas Indonesia U-23 sama persis yakni 3 angka. Untuk menentukan tim mana yang lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023, bakal dibuat klasemen mini.

Tolok ukur utama adalah head to head. Berhubung head to head mereka sama kuat, otomatis poin yang satu ini gugur begitu saja.

Baca Juga:
5 Pemain Timnas Indonesia yang Menikah Muda, Terbaru Pratama Arhan

Indikator selanjutnya adalah selisih gol. Misalnya andai Timor Leste menang dengan skor 3-2 atas Malaysia, selisih gol Timor Leste, Malaysia dan Timnas Indonesia U-23 akan sama kuat, yakni 0.

Berhubung sama kuat, lanjut ke tolok ukur selanjutnya adalah jumlah gol yang dicetak. Dalam poin ini, Timor Leste dan Malaysiamengungguli Timnas Indonesia.

Sebab, Malaysia U-23 mengemas 4 gol, Timor Leste U-23 (3) dan Timnas Indonesia U-23 (2). Andai kondisi ini terjadi, Malaysia U-23 akan lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 sebagai juara Grup B.

Baca Juga:
Ranking Terbaru Timnas Voli Putra Indonesia, Meroket usai Kalahkan Kazakhstan

Sementara itu, Timor Leste U-23 membuka peluang lolos lewat jalur runner-up terbaik sedangkan Timnas Indonesia U-23 tersingkir karena finis sebagai juru kunci Grup B.

Load More