Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 sejatinya sudah meletakkan satu kaki di semifinal Piala AFF U-23 2023 seiring kekalahan Kamboja dari Thailand, namun kans itu bisa saja lenyap.

Kekalahan Kamboja di laga pamungkas fase Grup A Piala AFF U-23 2023 dari Thailand sekaligus memastikan tersingkirnya Angkor Warrior muda dari turnamen.

Kesempatan meraih tiket semifinal via runner-up terbaik pun pupus, hanya Filipina dan Timnas Indonesia U-23 yang masih punya kans itu.

Baca Juga:
Pemain Malaysia Mau Bantu Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023

Khusus untuk skuad Garuda Muda asuhan Shin Tae-yong, satu kaki sudah diletakkan di babak semifinal pasca kekalahan Kamboja dari Thailand.

Pasalnya Ramadhan Sananta dkk saat ini bertengger di puncak klasemen runner-up terbaik dengan koleksi 3 poin dari dua pertandingan.

Hanya Filipina yang punya kesempatan menggeser posisi Indonesia, sedangkan Kamboja dipastikan sudah tersingkir dari turnamen.

Baca Juga:
Jadwal Piala AFF U-23 Hari Ini: Malaysia dan Vietnam Main, Penentuan Nasib Timnas Indonesia U-23

Karena poin yang diraih dari tim juru kunci fase grup tak dianggap masuk di tabel klasemen runner-up terbaik, Kamboja pun hanya mengoleksi satu poin dari 2 laga.

Filipina yang sebelumnya imbang melawan Laos harus melakoni misi mustahil di laga pamungkas fase Grup C jika ingin menggeser Indonesia.

Lantas skenario apa yang bisa membuat Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-23 2023? berikut di antaranya.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris 2023/2024: Arsenal Menang Tipis atas Crystal Palace

1. Filipina Bantai Vietnam

Filipina harus memastikan kemenangan dengan skor besar atas Vietnam jika ingin mengkudeta posisi pertama Grup C.

Vietnam mengoleksi 3 poin hasil kemenangan atas Laos dengan skor 4-1, dan jika Filipina mampu memetik kemenangan maka juara Grup C dipastikan menjadi milik mereka.

Baca Juga:
Analisis Penyebab Kekalahan Timnas indonesia U-23 dari Malaysia, padahal Sempat Unggul Dulu

Raihan 4 poin tak hanya mengangkangi Indonesia, tetapi juga menggusur Vietnam dari posisi puncak klasemen Grup C.

Sementara Vietnam tentu akan berada di peringkat pertama klasemen runner-up terbaik karena unggul selisih gol dari Indonesia.

Namun karena yang dihadapi Vietnam, cukup mustahil bagi Filipina bisa mengalahkan juara bertahan turnamen ini.

2. Timor Leste Bantai Malaysia

Tak jauh berbeda dari Filipina, misi mustahil juga diusung Timor Leste jika ingin melaju ke babak semifinal Piala AFF U-23 2023.

Timor Leste harus memastikan kemenangan dengan skor besar atas Malaysia, selain mengamankan status juara grup juga agar terhindar dari head-to-head melawan Indonesia.

Setidaknya pasukan Park Sun-tae harus menggilas Malaysia dengan skor 3-0 atau lebih untuk memberi pengaruh besar terhadap status Indonesia.

Jika Malaysia terbantai, posisi runner-up terbaik akan mereka perebutkan melawan Filipina atau Vietnam.

Sementara Indonesia sudah dipastikan tersingkir dari turnamen karena kalah head-to-head melawan Malaysia.

Kontributor: Eko
Load More