Husna Rahmayunita
Timnas Malaysia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Instagram/@famalaysia)

Bolatimes.com - Melihat skema hasil akhir yang akan terjadi di laga Malaysia vs Timor Leste sehingga berpotensi menjegal langkah Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023.

Saat ini, Timnas Indonesia U-23 tinggal menanti hasil dari beberapa laga tersisa di fase grup Piala AFF U-23 2023 sebelum memastikan diri lolos ke semifinal.

Skuad Garuda Muda sendiri saat ini hanya memiliki asa lolos via Runner Up grup terbaik, dengan mengantongi tiga poin dan selisih gol sebesar nol.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris 2023/2024: Arsenal Menang Tipis atas Crystal Palace

Kini, Timnas Indonesia U-23 hanya perlu menanti hasil dua pertandingan tersisa yakni dari grup C antara Vietnam vs Filipina dan dari grupnya sendiri, yakni grup B antara Malaysia vs Timor Leste.

Dari laga grup C, Timnas Indonesia U-23 harus berharap Vietnam bisa menang atau minimal bermain imbang dengan Filipina untuk lolos via Runner Up grup terbaik.

Lalu dari grupnya sendiri atau grup B antara Malaysia vs Timor Leste, Timnas Indonesia U-23 hanya perlu berharap Malaysia menang atau imbang dengan lawannya itu.

Baca Juga:
Analisis Penyebab Kekalahan Timnas indonesia U-23 dari Malaysia, padahal Sempat Unggul Dulu

Jika apesnya Timor Leste menang di laga terakhir grup B kontra Malaysia, setidaknya ada empat skema yang bisa menentukan langkah Timnas Indonesia U-23 untuk lolos atau tidaknya ke semifinal.

Apa saja skema yang akan terjadi di laga terakhir grup B antara Malaysia vs Timor Leste sehingga berpotensi menentukan langkah Timnas Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Timor Leste Menang 1-0 atas Malaysia

Baca Juga:
3 Tim yang Diprediksi Susul Thailand ke Semifinal Piala AFF U-23 2023, Ada Timnas Indonesia U-23

Jika laga terakhir grup B antara Malaysia vs Timor Lester berakhir dengan skor 0-1, maka Timnas Indonesia U-23 masih berpotensi lolos ke semifinal via Runner Up grup terbaik.

Pasalnya, Timor Leste yang menang 1-0 atas Malaysia akan membuat tiga tim di grup B mengantongi poin sama yakni tiga poin dan selisih gol yang sama yakni nol.

Meski punya poin dan selisih gol yang sama, Timnas Indonesia U-23 akan berada di peringkat kedua di atas Timor Leste karena unggul jumlah gol yang dicetak sepanjang fase grup.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF U-23 2023: Hajar Kamboja, Thailand Jaga Asa Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal

2. Timor Leste Menang 2-1 atas Malaysia

Jika di laga terakhir grup B Timor Leste mampu menang 2-1 atas Malaysia, maka Timnas Indonesia U-23 harus mengucapkan selamat tinggal ke Piala AFF U-23 2023.

Kemenangan 2-1 Timor Leste atas Malaysia sejatinya akan membuat ketiga tim sama-sama memiliki poin tiga, selisih gol yang sama dengan nol. Tapi, Timor Leste akan menduduki peringkat kedua.

Pasalnya, Timnas Indonesia U-23 berada dalam kondisi tak mengenakkan karena AFF turut menghitung poin kedisiplinan. Saat ini, skuad Garuda Muda memiliki poin kedisplinan minus 5, sedangkan poin kedisplinan Timor Leste baru minus 2.

3. Timor Leste Menang 2-0 atas Malaysia

Jika Timor Leste bisa menang 2-0 atas Malaysia, ada potensi Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 via jalur Runner Up grup terbaik.

Pasalnya, kemenangan 2-0 Timor Leste atas Malaysia akan membuat Timor Leste langsung naik ke puncak klasemen grup B dengan raihan tiga poin dan selisih plus satu gol.

Sedangkan bagi Malaysia, kekalahan 0-2 dari Timor Leste akan membuat mereka memiliki selisih minus satu gol, dan membuat Timnas Indonesia U-23 yang punya selisih gol nol, akan duduk di peringkat kedua.

4. Timor Leste Menang 3-2 atas Malaysia

Jika laga terakhir grup B menghadirkan kejutan di mana Timor Leste menang 3-2 atas Malaysia, maka Timnas Indonesia U-23 dipastikan gagal ke semifinal Piala AFF U-23 2023.

Lagi-lagi alasannya adalah poin kedisplinan, di mana Timnas Indonesia U-23 memiliki minus 5 poin. Selain itu alasan lainnya skuad Garuda Muda tersungkur adalah jumlah gol yang dicetak karena baru mencetak 2 gol saja.

Jika skor berakhir 2-3 untuk Timor Leste, maka Malaysia tetap akan duduk di puncak klasemen dengan keunggulan jumlah gol yang dicetak yakni 4 gol dan disusul dengan Timor Leste yang mencetak 3 gol.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More