Kamis, 09 Februari 2023
Irwan Febri Rialdi : Selasa, 01 November 2022 | 16:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Sofie Imam Faizal mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk bergabung ke dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di Turki.

Imam Faizal yang saat ini berstatus sebagai asisten pelatih Persis Youth Academy ini berangkat dengan rekannya, yaitu pelatih Persis Youth U-16 dan U-18, Haryanto Prasetyo Adi Utomo.

Sofie mengatakan dirinya dan Haryanto akan mengikuti masa percobaan sebagai asisten pelatih Timnas U-19 mulai 31 Oktober hingga 5 Desember 2022.

Mereka menyusul empat pemain Persis Youth yang sudah berada dalam pemusatan latihan Timnas U-19 di Turki sejak 15 Oktober lalu yakni Erlangga Setyo, Aulia Ramadhan Lubis, Marcell Januar, dan Zanadin Faris.

Bagi Sofie, ini bukan kali pertama baginya membela panji Merah Putih, sebab ia sebelumnya juga pernah menjadi staf kepelatihan Timnas U-19 di bawah kepemimpinan Fakhri Husaini yang berhasil melaju ke putaran final Piala Asia U-19 2020.

Sofie mengaku bangga kembali diberi kepercayaan dan kesempatan menjadi bagian timnas serta menyatakan siap menyerap ilmu dari Shin Tae-yong. Pasalnya menjadi bagian timnas adalah sebuah kehormatan baik sebagai pelatih maupun pemain.

Oleh karena itu, meski masih bersifat masa percobaan Sofie bertekad untuk mengoptimalkan kesempatan yang ada untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya.

Lantas, siapa sebetulnya Sofie Faizal ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Sofie Imam Faizal

Sofie Imam saat menjadi pelatih fisik Timnas Indonesia U-19. (Instagram/@sofieimamfaizal)

Pria kelahiran Situbondo, Jawa Timur, pada 15 Maret 1988 ini memang dikenal sebagai salah satu pelatih fisik ternama di Indonesia.

Selain itu, dia juga memegang lisensi pelatih umum yaitu A AFC serta memegang lisensi spesialis sebagai pelatih fisik yaitu AFC Fitness Level 2.

Perjalanan faizal dimulai ketika dia berkuliah di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Malang. Dia sudah menjadi pelatih di tim kampus dan memegang lisensi pelatih C Nasional.

Pada tahun 2012, Sofie bergabung dengan klub Liga 3 Academy Gen-B Kota Mojokerto sebagai pelatih fisik. Dia bertahan selama setahun, lalu bergabung ke Perseta Tulungagung U-18 dan Divisi Utama pada 2013.

Sofie Faizal lalu meng-upgrade lisensi pelatih fisik miliknya menjadi lisensi AFC Fitness Level 1A pada 2018. Setelah itu, dia bergabung ke Persiba Balikpapan.

Tak lama berselang, Sofie Imam Faizal mendapat panggilan untuk menjadi bagian dari staf kepelatihan Timnas Indonesia U-19 pada 2019.

Pengalamannya itu membuat Sofie Imam Faizal diajak oleh Kurniawan Dwi Yulianto untuk menjadi pelatih fisik di klub Malaysia, Sabah FC.

Setelah kembali ke Indonesia pada 2021, Sofie Imam Faizal lalu bergabung dengan Persis Solo pada Maret 2022. Dia mendapat tanggung jawab di skuad muda Persis Solo.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

BACA SELANJUTNYA

Mengukur Keputusan Marselino Ferdinan Bela Timnas Indonesia U-20, Mepetnya Waktu Latihan dan Adaptasi di KMSK Deinze