Muhammad Ilham Baktora
Pepe mencetak gol ke gawang Swiss dalam perebutan tiket perempat final di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. (Twitter/@FaktaSepakbola)

Bolatimes.com - Timnas Portugal dipastikan lolos ke babak perempat final usai melumat Timnas Swiss pada babak 16 besar di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. Portugal membawa kemenangan dengan skor 6-1.

Pencetak gol untuk Portugal diantaranya, Goncalo Ramos (17', 51', 67'), Pepe (33') Raphael Guerreiro (55') dan Rafael Leao (90+2). Sementara di kubu Swiss, gol semata wayangnya diciptakan Manuel Akanji di menit 58'.

Jalannya pertandingan

Baca Juga:
Profil Yassine Bounou, Kiper Maroko yang Berhasil Gagalkan Penalti Spanyol hingga Bawa Timnya ke Perempat Final

Skuad asuhan Fernando Santos sudah tampil menekan di babak pertama. Timnas Portugal tak mau mensia-siakan kesempatan untuk mencuri gol melalui umpan silang Joao Felix kepada Bruno Fernandes. Tetapi, penyerang Manchester United itu gagal mengonversi bola menjadi gol.

Terus melakukan serangan, A Selecao akhirnya membuka keran gol pertama lewat Goncalo Ramos. Pada menit ke-17, umpan bola dari Joao Felix diterima Goncalo Ramos yang sudah ada di dalam kotak penalti. Dengan cepat bola ditendang hingga menciptakan gol.

Portugal lalu menggandakan kedudukan menjadi 2-0 di menit ke-33. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Bruno Fernandes lalu diterima oleh Pepe dengan sundulan ke arah gawang Yann Sommer.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Maroko Menang Adu Penalti 3-0, Impian Spanyol ke Perempat Final Pupus

Hingga turun minum tak ada lagi gol tercipta hingga skor bertahan 2-0.

Masuk ke babak kedua, Pelatih Swiss, Murat Yakin mengganti Fabian Schar yang kewalahan dengan Eray Comert. Namun perubahan itu belum membuahkan hasil dan tak mengubah situasi menjadi lebih baik untuk Swiss.

Kegembiraan Timnas Portugal yang berhasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 usai menaklukkan Swiss, 6-1 di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. (Twitter/@FaktaSepakbola)

Bahkan Portugal kembali mengemas gol ketiganya lewat brace Goncalo Ramos yang memanfaatkan umpan Diogo Dalot di menit 51'. Gol berubah menjadi 3-0.

Baca Juga:
Tak Ingin Mengulang Kekalahan seperti di Euro 2020, Spanyol sudah Antisipasi Adu Penalti Hadapi Maroko

Hanya berselang empat menit A Selecao kembali menambah pundi-pundi gol. Kali ini Rapael Guerreiro mencatatkan namanya di papan skor menjadi 4-0 di menit ke-55.

Swiss bukan tanpa serangan meski sudah dihujani hingga empat gol. Pada akhirnya mereka berhasil merobek jaring gawang Diogo Costa pada menit ke-58. Skor berubah 4-1.

Bukannya panik, Portugal tampil lebih agresif. Lagi-lagi Joao Felix yang bertindak sebagai assist memberikan umpan kepada Goncalo Ramos. Walhasil sontekan indah tercipta dari pemain Benfica di menit 67', sekaligus mengubah skor menjadi 5-1. Goncalo Ramos cetak hatrick selama bermain di Timnas Portugal.

Keunggulan 5-1 membuat Portugal lebih nyaman. Fernando Santos kemudian menarik keluar Goncalo Ramos bersama Joao Felix dan Otavio, tujuannya jelas yakni agar siap untuk pertandingan selanjutnya. Mereka digantikan Ricardo Horta, Vitinha, dan Cristiano Ronaldo.

Tambahan waktu normal sebanyak 4 menit Portugal tak berhenti untuk mencetak gol. Rafael Leao mampu menambah sebiji gol lagi di menit 90+2, skor menjadi 6-1.

Dengan hasil impresif itu, Timnas Portugal melaju ke perempat final. A Selecao bakal menghadapi Maroko yang cukup dramatis mengalahkan Spanyol pada Selasa (6/12/2022).

Pertandingan keduanya akan digelar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar pada Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Susunan pemain Portugal vs Swiss:

Portugal: Portugal: Diogo Costa; Diogo Dalot, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Otavio (Vitinha 74'), William Carvalho, Bernardo Silva (Rafael Leao 87'); Bruno Fernandes (Ruben Neves 81'), Joao Felix (Ricardo Horta 74'), Goncalo Ramos (Cristiano Ronaldo 74').

Swiss: Yann Sommer; Edimilison Fernandes, Fabian Schar (Eray Comert 46), Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler (Denis Zakaria 54), Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Djibril Sow (Haris Seferovic 54), Ruben Vargas (Noah Okafor 66); Breel Embolo (Ardhon Jashari 88).

Load More