Muhammad Ilham Baktora
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. (Andrej Isakovic/AFP).

Bolatimes.com - Pelatih Inggris, Gareth Southgate ingin mengukir sejarah baru bersama The Three Lions. Ia menantang anak asuhnya untuk mengalahkan Timnas Prancis di babak perempat final Piala Dunia 2022 untuk melaju ke semi final.

Bagi Southgate, mengalahkan Prancis yang juga juara bertahan Piala Dunia 2018 adalah prestasi yang cukup membanggakan jika bisa terwujud. Di sisi lain, Inggris kerap dirundung kekalahan ketika bermain di turnamen besar dan tak pernah merasakan juara lagi.

"Kami telah membuat sedikit sejarah selama empat atau lima tahun terakhir. Tidak semuanya bagus tapi itulah tantangan besar kami," kata Southgate dikutip dari Livescore, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Maroko Menang Adu Penalti 3-0, Impian Spanyol ke Perempat Final Pupus

Inggris sejauh ini memang memiliki segudang pengalaman saat menghadapi pertandingan besar. Meski demikian ada kemungkinan kekalahan terjadi di Piala Dunia 2022.

"Kami punya banyak pengalaman, pada momen-momen ini dan mereka tahu bahwa mereka harus memenangkan pertandingan dengan cara yang beda. Mereka harus bengkit dari ketertinggalan di pertandingan besar," katanya.

Southgate mengaku beruntung bisa menang dari Senegal di babak 16 besar, hingga melaju ke babak 8 besar di Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Tak Ingin Mengulang Kekalahan seperti di Euro 2020, Spanyol sudah Antisipasi Adu Penalti Hadapi Maroko

"Apa yang kami bicarakan melawan Senegal adalah menjaga tekanan tanpa henti, tidak duduk diam ketika kami unggul. Kami memastikan untuk menjaga intensitas permainan kami. Saat ini kami harus melakukannya untuk menghadapi juara dunia [Prancis]," kata dia.

Inggris selalu tergelincir dalam pertandingan di level internasional dan sulit meraih kampiun untuk kompetisi sekelas Piala Dunia.

Pada Piala Dunia 2018 lalu misalnya, The Three Lions dikalahkan Kroasia di semi final.

Baca Juga:
3 Alasan Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Kamboja di Laga Perdana Piala AFF 2022

Lalu di Euro 2020, Inggris dibungkam Italia pada laga final dan hanya menjadi runner-up.

Inggris dijadwalkan menghadapi Prancis untuk memperebutkan tiket semi final pada Minggu, 11 Desember 2022 pukul 02.00 WIB.

Load More