Rauhanda Riyantama
Selebrasi Dimas Drajad bersama rekan setim usai cetak gol saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut ini deretan alasan Timnas Indonesia bisa membuka kampanyenya di Piala AFF 2022 dengan mengalahkan Kamboja di laga perdana grup A.

Timnas Indonesia akan segera beraksi dengan tampil di Piala AFF 2022 yang dijadwalkan akan digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Di Piala AFF 2022 nanti, Timnas Indonesia sendiri tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga:
Optimistis Indonesia Juarai Piala AFF 2022, Jordi Amat Sebut Ada Alasan Ini

Di laga perdana Piala AFF 2022 nanti, Timnas Indonesia akan membuka kampanyenya dengan menghadapi Kamboja, Jumat (23/12) malam WIB.

Duel melawan Kamboja ini akan menentukan nasib tim arahan Shin Tae-yong di laga selanjutnya, mengingat babak fase grup menggunakan sistem Round-Robin atau satu pertandingan.

Sehingga, kemenangan atas Kamboja pun menjadi harga mati agar Timnas Indonesia bisa melangkah mulus dari babak grup dan ke semifinal Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Sudah Tiba di Bali, Egy Maulana Vikri Langsung Pose Bareng 2 Bek Andalan Timnas Indonesia

Menghadapi Kamboja yang bisa tampil mengejutkan, setidaknya ada tiga alasan mengapa Timnas Indonesia bisa menang di laga perdananya nanti.

Apa saja alasan itu? Berikut ulasannya.

1. Main di Hadapan Pendukung Sendiri

Baca Juga:
Tak Mau Kalah, Laos Panggil Striker Naturalisasi Berdarah Prancis untuk Piala AFF 2022

Di laga perdananya di Piala AFF 2022 ini, Timnas Indonesia akan bermain di hadapan pendukung sendiri saat menghadapi Kamboja.

Dengan dukungan masif dari suporter yang terkenal militant, hal ini akan menambah daya juang para pemain di lapangan melawan Kamboja.

Di sisi lain, dukungan masif suporter ini akan membuat kubu Kamboja ketar-ketir saat bertanding menghadapi Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Segrup dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Filipina Panggil Wonderkid Jebolan Hertha Berlin

2. Hadirnya Pemain Naturalisasi

Menghadapi Kamboja nanti, Timnas Indonesia akan mendapat tambahan amunisi yakni dari para pemain naturalisasinya.

Tercatat dua pemain naturalisasi, yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat diyakini akan bertanding dan tampil sejak laga perdana.

Hadirnya dua pemain naturalisasi ini akan menjadi tambahan untuk lini belakang Timnas Indonesia, mengingat keduanya punya pengalaman segudang di Eropa.

3. Rekor Pertemuan yang Mentereng

Menghadapi Kamboja di laga perdana Piala AFF 2022, Timnas Indonesia punya catatan mentereng atas lawannya tersebut.

Dilansir dari 11v11, Timnas Indonesia tercatat sudah 17 kali bertemu dengan Kamboja, di mana skuad Garuda menang 16 kali dan imbang sekali.

Rekor ini pun diyakini akan diperpanjang mengingat kiprah Timnas Indonesia dalam setahun terakhir yang mengalami perkembangan menakjubkan dengan berhasil lolos Piala Asia 2023 dan mampu mengalahkan tim sekelas Curacao.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More