Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Kevin de Bruyne usai mencetak gol ke gawang Real Madrid di leg pertama semifinal Liga Champions. (Paul Ellis/AFP)

Bolatimes.com - Kevin De Bruyne bikin pernyataan mengejutkan. Saat ditanya menyoal kans Timnas Belgia menjuarai Piala Dunia 2022, ia mengaku tak ada peluang sama sekali.

Meski menjadi salah satu negara yang difavoritkan menjuarai Piala Dunia 2022, De Bruyne menilai bahwa Belgia sudah kehilangan kesempatannya untuk edisi tahun ini.

Alasannya cukup masuk akal, De Bruyne yang kini berusia 31 tahun menilai skuad Belgia di Piala Dunia 2022 sudah terlalu tua.

"Tidak ada kesempatan, kamu terlalu tua," kata De Bruyne dilansir The Guardian.

De Bruyne tak salah. Generasi emas Belgia yang digadang-gadang bakal meraih berbagai gelar, justru tak membuahkan hasil maksimal dan kini kehabisan waktu.

Tengok saja nama-nama seperti Eden Hazard, De Bruyne, Jan Vertonghen, Axel Witsel, atau Thibaut Courtois kini sudah memeasuki usia 30-an.

Lantas, siapa sebetulnya Kevin De Bruyne yang menyebut negaranya sendiri tak punya peluang juarai Piala Dunia 2022?

Profil Kevin De Bruyne

De Bruyne merupakan pesepakbola kelahiran Kota Drongen, Belgia, pada 28 Juni 1991. Dia sudah mulai bermain sepak bola di usia 6 tahun dengan bergabung bersama KVV Drongen.

Setelah dua tahun di sana, De Bruyne pindah ke akademi Gent dan bertahan di sana hingga 2005. Setelah itu, De Bruyne pindah ke tim junior Genk.

Kevin De Bruyne lantas promosi ke tim utama Genk pada musim 2008/09, meski cuma mentas dua kali. Ia mulai mendapat tempat di musim-musim berikutnya hingga mencatatkan 113 penampilan dengan 17 gol buat Genk.

Bakat De Bruyne yang menonjol bikin Chelsea merogoh kocek sebesar 7 juta poundsterling untuk memboyongnya pad Januari 2012.

Tapi bersama The Blues, De Bruyne tidak pernah benar-benar mendapat tempat dengan dipinjamkan ke Werder Bremen, lalu pindah ke Wolfsburg pada musim 2013/14 setelah cuma tampil 9 kali buat tim utama Chelsea.

Tampil luar biasa bersama Wolfsburg, De Bruyne direkrut Manchester City pada Agustus 2015 dengan biaya 75 juta euro. Sejak saat itu, ia menjelma gelandang terbaik di Inggris dan dunia.

Selama hampir 8 musim di Manchester City, De bruyne sudah melakoni 326 penampilan dengan torehan 89 gol dan 134 assist.

Sederet prestasi pun diraih De Bruyne, mulai dari gelar Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris, hingga Community Shield. Jika ada yang kurang, maka itu gelar Liga Champions dan Piala Dunia.

Di level timnas, De Bruyne sudah melakoni debut buat Timnas Belgia sejak 2010. Sejauh ini ia sudah melakoni 95 caps dengan 25 gol dan 46 assist.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More