Irwan Febri Rialdi
Stadion Ahmed bin Ali di kota al-Rayyan, Qatar. KARIM SAHIB / AFP

Bolatimes.com - Stadion Ahmed bin Ali menjadi salah satu venue untuk Piala Dunia 2022 Qatar, yang akan menggelar pertandingan untuk fase grup dan babak 16 besar.

Ahmeb bin Ali Stadium merupakan markas dari klub Al Rayyan SC, stadion dengan rekonstruksi baru dari bangunan lama yang diperbaharui kembali.

Dan hasilnya, pemugaran stadion ini sudah resmi bertaraf internasional dan menawan hingga menjadi salah satu yang paling megah di Qatar.

Baca Juga:
Setelah 8 Jam Perjalanan, Tim Bulu Tangkis Indonesia Akhirnya Tiba di Jepang

Stadion ini pertama kali didirikan pada tahun 2003, dalam proses pembaharuan Al Rayyan SC pernah dirobohkan pada tahun 2014.

Pembongkaran dilakukan untuk meningkatkan kualitas agar bisa memenuhi syarat sebagai stadion dengan taraf internasional.

Di tahun 2015, pemerintah setempat mengumumkan desain yang diterapkan pada stadion tersebut, inspirasi diambil dari bukit pasir serta arsitektur Islam.

Baca Juga:
Hasil Bola Tadi Malam: West Ham dan Fiorentina Raih Kemenangan di Liga Konferensi

Pattern Design dan Ramboll menjadi sosok yang mewujudkannya sebagai pihak yang ditunjuk membuat desain dari stadion ini.

Dari luar, diselimuti layar yang bersinar dengan warna yang berubah-ubah hingga hiasan logam dengan motif yang khas dari Qatar.

Proses pengerjaan dari pembaharuan berakhir di tahun 2020, memiliki jumlah kursi sebanyak 20 ribu kursi sebelumnya dan setelah direnovasi menjadi 40 ribu kursi.

Baca Juga:
8 Stadion Mewah yang Bakal Digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar

Selain itu, ditambah tahun 2022 adanya renovasi lagi demi menyempurnakan stadion yang digunakan untuk Piala Dunia 2022.

Untuk Piala Dunia 2022, stadion ini akan digunakan untuk menggelar pertandingan di Grup B, E dan F, selain itu untuk pertandingan babak 16 besar.

Baca Juga:
PSIS Semarang Bungkam Persik Kediri 2-1, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2022/2023

Kontributor: Eko
Load More