Rauhanda Riyantama
Pemain baru Liverpool, Alexis Mac Allister. (Dok. LFC)

Bolatimes.com - Menyandang status salah satu klub terbaik Liga Inggris dan Eropa, Liverpool merupakan langganan pemain jawara Piala Dunia sejak era dahulu.

Liverpool hanya kalah koleksi trofi Liga Inggris dari Manchester United, sementara di kompetisi internasional Eropa mereka punya 6 gelar Liga Champions.

Sejarah panjang membuat Liverpool menyandang status klub besar Eropa, namun tak hanya deretan trofi juara yang dikoleksi selama ini.

Baca Juga:
Santuy Hadapi Malaysia, Timnas Kepulauan Solomon Cuma Diperkuat Satu Pemain Profesional

Klub Kota Pelabuhan punya sederet pemain berlabel jawara Piala Dunia, hal ini tak lepas dari kesuksesan The Reds menggaet Alexis Mac Allister.

Lantas siapa saja pemain yang berlabel jawara dunia? berikut deretan bintang Liverpool yang pernah merasakan trofi Piala Dunia.

1. Roger Hunt

Baca Juga:
Terungkap Penyebab Lionel Messi sempat Ditahan Imigrasi China Selama 2 Jam

Roger Hunt merupakan anggota Timnas Hunt saat berhasil menjuarai Piala Dunia 1966, berposisi sebagai striker dan andalan bagi Liverpool.

Medio 1958 hingga 1969, Hunt sukses melesakkan 285 gol dan membuatnya menjadi pencetak gol sepanjang masa kedua di bawah Ian Rush.

2. Gerry Bryne

Baca Juga:
CEK FAKTA: Setelah Dibujuk Erick Thohir, Argentina FA Resmi Datangkan Lionel Messi ke Indonesia

Gerry Bryne juga termasuk anggota Timnas Inggris yang menjuarai Piala Dunia 1966, meskipun tak menerima medali juara.

Karena memang hanya 11 pemain yang bermain di laga final yang memperolehnya, namun pada akhirnya FA sukses membujuk FIFA memberikan medali ke semua anggota tim pemenang.

Selama menjalani karier profesionalnya, Gerry hanya membela satu klub saja yakni Liverpool.

Baca Juga:
Indonesia Open 2023: Tumbang, Chico Wardoyo Ungkap Penyebab Dirinya Kalah dari Pebulu Tangkis Singapura

3. Ian Callaghan

Pemain ketiga Timnas Inggris saat juara Piala Dunia 1966, Ian Callaghan bernasib mirip dengan Gerry Bryne yang awalnya tak menerima medali karena absen di final.

Tepatnya saat Timnas Inggris mengalahkan Jerman Barat, Ian Callaghan membela Liverpool sejak 1959 hingga 1978 tapi nyaris tak mendapat medali juara Piala Dunia 1966.

4. Karl-Heinze Riedle

Dari sisi Jerman Barat yang menjuarai Piala Dunia 1990 di Italia, Karl-Heinze Riedle sebenarnya sudah memainkan empat pertandingan namun harus absen di final.

Setelah Piala Dunia, Riedle sempat bergabung Borussia Dortmund dan merengkuh gelar Liga Champions sebelum hijrah ke Liverpool pada 1997.

5. Bernard Diomede

Bernard Diomede menjadi bagian Timnas Prancis saat merengkuh gelar juara Piala Dunia 1998, sempat menjadi starter dalam tiga laga termasuk melawan Paraguay di 16 besar.

Pasca Piala Dunia, Diomede memutuskan hijrah ke Liga Inggris dan bergabung dengan Liverpool di awal tahun 2000-an, namun tak berjalan mulus.

Diomede gagal beradaptasi dengan gaya bermain klub-klub kontestan Liga Inggris saat itu.

6. Pepe Reina

Reina termasuk pemain asal Spanyol dan berstatus pemenang Piala Dunia yang cukup lama membela Liverpool sejak 2005 hingga 2014.

Deretan trofi bergengsi ia berikan untuk klub Kota Pelabuhan, statusnya sebagai jawara Piala Dunia didapat saat Spanyol berkuasa di Afrika Selatan pada 2010 lalu.

7. Fernando Torres

Hijrah ke Liverpool pada 2007, Fernando Torres menjadi striker tersubur yang sempat dimiliki The Reds.

Meskipun gagal memberikan satu pun trofi bergengsi untuk Liverpool, namun kualitasnya terbukti saat membawa Spanyol juara Piala Dunia 2010.

8. Alexis Mac Allister

Liverpool kembali kedatangan pemain berstatus jawara Piala Dunia, kali ini datang dari Argentina yang baru saja merengkuh gelar Piala Dunia 2022 Qatar.

Sebelum hijrah ke Liverpool, Mac Allister tampil menawan saat bermain untuk Brighton hingga membwa tim medioker ini ke 4 besar klasemen akhir Liga Inggris 2022-2023.

Kontributor: Eko
Load More