Rauhanda Riyantama
Striker Inter Milan, Lautaro Martinez merayakan kemenangan usai memastikan diri lolos final Liga Champions 2023 usai mengalahkan AC Milan dengan skor agregate 3-0 di Stadion Guseppe Meazza, Rabu (17/5/2023) dini hari WIB. (AFP)

Bolatimes.com - Ada dua pemain yang mampu menjadi kampiun Piala Dunia 2022 dan berpeluang menjuarai Liga Champions 2022/2023 ini dan berpotensi masuk buku rekor sebagai pemain yang menjuarai dua ajang itu di musim yang sama.

Liga Champions 2022/2023 telah menemukan dua tim yang akan bertemu di partai puncak, yakni Manchester City dan Inter Milan.

Manchester City berhasil mencapai babak final usai mengadakan perlawanan sang juara bertahan, Real Madrid, di babak semifinal dengan agregat 5-1.

Baca Juga:
Persiapan FIFA Matchday, Pemain Timnas Indonesia akan Dikumpulkan Mulai 6 Juni

Agregat 5-1 ini didapat setelah tim berjuluk The Cityzens itu bermain imbang 1-1 di markas lawan, dan mampu menang 4-0 di markasnya sendiri kala menjamu Real Madrid.

Sedangkan Inter Milan berhasil menyentuh babak final ini untuk kali pertama sejak 2010 setelah mengalahkan rival sekotanya sendiri, yakni AC Milan, dengan agregat 3-0.

Agregat 3-0 ini didapat usai tim berjuluk Nerazzurri itu menang 2-0 di markas lawan, dan menang 1-0 saat menjamu tetangganya itu.

Baca Juga:
Profil Akhirul Waddan, Eks Pemain Persiraja yang Cedera Patah Kaki saat Tarkam

Di partai final ini, ada dua pemain dari kedua tim itu berpeluang masuk buku rekor sebagai pemain yang bisa menjuarai Piala Dunia dan Liga Champions di musim yang sama.

Kedua pemain itu sama-sama berasal dari Argentina dan sama-sama berposisi sebagai penyerang, yakni Lautaro Martinez dari Inter Milan dan Julian Alvarez dari Manchester City.

Uniknya, kedua pemain ini saling bertukar tugas untuk memimpin lini serang dari fase grup hingga final, saat Argentina berhasil menjuarai Piala Dunia 2022 lalu.

Baca Juga:
Ngeri, Video Detik-detik Mantan Pemain Persiraja Cedera Patah Kaki saat Main Tarkam

Karena berhasil lolos ke final, keduanya pun berpotensi masuk rekor sebagai pemain ke-10 yang bisa menjuarai Piala Dunia dan Liga Champions di musim yang sama.

Sebelumnya, ada 9 pemain yang mampu menorehkan prestasi tersebut dalam sejarah sepak bola dunia. Berikut daftarnya.

1. Sepp Maier (Juara Piala Dunia dan Liga Champions 1974 bersama Jerman dan Bayern Munich)
2. Paul Breitner (Juara Piala Dunia dan Liga Champions 1974 bersama Jerman dan Bayern Munich)
3. Hang-Georg Schwarzer (Juara Piala Dunia dan Liga Champions 1974 bersama Jerman dan Bayern Munich)
4. Franz Beckenbauer (Juara Piala Dunia dan Liga Champions 1974 bersama Jerman dan Bayern Munich)
5. Gerd Muller (Juara Piala Dunia dan Liga Champions 1974 bersama Jerman dan Bayern Munich)
6. Uli Hoeness (Juara Piala Dunia dan Liga Champions 1974 bersama Jerman dan Bayern Munich)
7. Christian Karembeu (Juara Piala Dunia dan Liga Champions 1998 bersama Prancis dan Real Madrid)
8. Roberto Carlos (Juara Piala Dunia dan Liga Champions 2002 bersama Brasil dan Real Madrid)
9. Raphael Varane (Juara Piala Dunia dan Liga Champions 2018 bersama Prancis dan Real Madrid)

Baca Juga:
Elkan Baggott Sudah di Indonesia, Datang untuk Persiapan FIFA Matchday Juni 2023?

Meski mampu meraih gelar juara Piala Dunia dan Liga Champions di musim yang sama, tak ada satupun pemain dalam daftar tersebut yang bisa meraih Ballon d’Or di tahun yang sama.

Lantas di antara Lautaro Martinez dan Julian Alvarez, siapakah yang akan menjadi pemain ke-10 yang masuk rekor bersejarah ini? 

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More