Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan melakukan tendangan pinalti ke gawang Timnas Filipina di ajang SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU)

Bolatimes.com - Gelandang Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan, disebut-sebut tengah dilirik oleh salah satu klub papan atas Belanda, Feyenoord Rotterdam

Kabar Marselino Ferdinan dilirik oleh Feyenoord diceritakan oleh Hamdan Hamedan yang memang belum lama ini berkunjung ke markas klub tersebut bersama Dirtek PSSI, Indra Sjafri, serta asisten pelatih Kim Jong-jin.

"Ada satu hal yang saya bisa share, waktu kami di Belanda dan bertemu dengan Feyenoord, Feyenoord tertarik memantau Marselino secara langsung," ucap Hamdan Hamedan dikutip dari wawancara di YouTube Chandra Margatama yang tayang Jumat (25/11/2022).

Nah, kebetulan Marselino Ferdinan belum lama ini juga menjalani TC bersama timnas Indonesia U-20 di Eropa. Garuda Nusantara sempat bermain melawan dua negara kuat, Prancis U-20 dan Slovakia U-20.

Pertandingan tersebut tentunya dipantau juga oleh talent scouting Eropa. Maka dari itu, Hamdan beranggapan bahwa kemungkinan pemandu bakat Feyenoord bisa saja hadir untuk memantau permainan Marselino.

"Jadi bukan tidak mungkin scout Feyenoord ada di pertandingan melawan Prancis dan Slovakia," imbuhnya.

Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Marselino Ferdinan (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Vietnam U-19 Nguyen Van Truong (tengah) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Marselino Ferdinan layak bergabung ke Feyenoord Rotterdam.

1. Mental dan Kepercayaan Diri

Jika dibandingkan dengan rekan-rekan seusianya, Marselino Ferdinan tentu menjadi salah satu nama pemain yang paling menonjol di skuad timnas Indonesia U-20.

Bakatnya sudah terlihat sejak jadi salah satu andalan Bima Sakti di skuad timnas Indonesia U-16. Salah satu yang paling menonjol ialah kepercayaan diri pemain Persebaya Surabaya ini.

Sebab, di usianya yang baru menginjak 18 tahun, Marsel tampak pede dalam memainkan bola. Ini tentu berhubungan erat dengan aspek mental sang pemain yang sudah lebih matang ketimbang pemain seusianya.

2. Dipercaya Shin Tae-yong di Timnas Senior

Marselino Ferdinan memang bersinar bersama timnas U-16 dan U-19. Hal itulah yang barangkali membuat Shin Tae-yong memberikan kesempatan untuk bermain di level yang lebih tinggi.
Sebab, Marsel pernah menjadi bagian dari skuad timnas U-23. Dia mencatatkan dua gol dari total delapan pertandingan internasional.

Adapun di level senior, adik kandung Oktafianus Fernando ini juga telah mencetak debutnya pada 27 Januari 2022. Sejauh ini, ia sudah mencatatkan tujuh pertandingan bersama skuad Garuda dengan koleksi satu gol.

3. Jam Terbang di Kompetisi Tertinggi

Selain itu, Marselino Ferdinan juga memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak ketimbang para pemain timnas Indonesia U-20 lainnya, baik di level klub atau pun tim nasional.

Bersama Persebaya Surabaya, misalnya, Marsel sudah menjadi salah satu pemain yang dipercaya oleh Aji Santoso di Liga 1 2022-2023.

Bahkan, dari lima pertandingannya di Liga 1 2022-2023, pemain asal Jakarta ini sudah mampu mencetak satu gol dan dua assist untuk Persebaya Surabaya.

Hal ini membuktikan bahwa kemampuan Marsel sangat layak untuk bermain di level tertinggi meskipun usianya baru saja menginjak 18 tahun.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More