Sabtu, 04 Februari 2023
Muhammad Ilham Baktora : Sabtu, 26 November 2022 | 14:14 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Nama wasit Alireza Faghani untuk sebagian pecinta sepak bola sudah tak asing lagi. Pria 44 tahun ini pernah meramaikan ajang Liga 1 Indonesia sebelum memilih pindah ke Australia hingga menjadi wasit di Piala Dunia 2022 saat ini.

Gelaran Piala Dunia 2022 sendiri, Alireza Faghani memimpin pertandingan antara Brasil dan Serbia. Menjadi wasit elite FIFA sejak 2008 silam, ketegasannya di lapangan hijau memang tak diragukan lagi.

Sebelum ditunjuk untuk menjadi wasit di Piala Dunia 2022, Alireza Faghani sempat beberapa kali memimpin pertandingan Liga 1 Indonesia pada 2017 lalu.

Sejumlah klub pernah merasakan kepemimpinannya di lapangan hijau, seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC hingga Persipura Jayapura.

Memiliki karier yang cukup cemerlang dan tegas dalam memimpin setiap pertandingan di Indonesia, Alireza Faghani mulai mendapat perhatian FIFA.

Satu tahun di Indonesia, dirinya dipercaya untuk menjadi wasit di Piala Dunia 2018. Tak hanya memimpin beberapa laga, dirinya juga mendapat kepercayaan untuk memimpin pertandingan penting pada perebutan peringkat antara Inggris vs Belgia.

Wasit elite FIFA, Alireza Faghani. (Instagram/@alirezafagani__)

Pria berkebangsaan Iran ini dipercaya tak lain karena disiplin dan tak pandang bulu saat menghakimi para pemain yang melanggar. Setelah dipercaya untuk memimpin Piala Dunia 2018, pada 2019, Alireza Faghani memutuskan untuk pindah ke Australia.

Dirinya menjadi wasit tetap di kompetisi Liga Australia, A League sejak September 2019. Alireza Faghani tercatat sudah memimpin sebanyak 15 laga di kasta tertinggi Liga Australia tersebut.

Terjadinya Corona pada akhir 2019-2020, pertandingan sepak bola di setiap negara dihentikan. Namun setelah pemerintah melonggarkan sejumlah kebijakan termasuk di Australia, Alireza kembali memimpin pertandingan, hingga menjelang Piala Dunia 2022 dirinya kembali dipercaya sebagai wasit di ajang empat tahunan ini.

BACA SELANJUTNYA

3 Klub Liga 1 yang Bisa Jadi Pelabuhan Baru Theerathon Bunmathan