Arif Budi Setyanto
Pemain Garuda Select jilid 5 Nabil Asyura. (Instagram/@programgarudaselect)

Bolatimes.com - Rekor positif Garuda Select jilid 5 belum lama ini diputuskan oleh Southampton. Skuad asuhan Des Walker tumbang kala menghadapi salah satu akademi top Liga Inggris.

Southampton menjadi lawan Garuda Select, Rabu (5/4/2023). Hasilnya akademi yang melahirkan bakat dunia seperti Gareth Bale itu menang dengan skor telak 3-0.

Padahal Garuda Select sendiri sebelumnya tampil impresif dengan rentetan lima kemenangan. Sayang melawan Southampton mereka tidak berdaya.

Baca Juga:
Cuma Disanksi Ringan FIFA, Indonesia Gantikan Peru Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17?

Menariknya di balik kekalahan ini, Des Walker mencoba formasi berbeda dari sebelumnya. Dalam pertandingan ini striker jangkung 185 cm, Muhammad Ragil tampil sebagai starter berduet dengan Raihan Utama.

Mereka menjadi starter bersama Lotra Widyanto, Rafly Selang, Hanif Ramadan, Rassoul Camara, Jose Mendy, Diego Ronco, Ferre Murari, Rizdjar Nurviat dan Matteo Piombino.

Selain itu, dalam kekalahan ini nama Nabil Asyura juga absen. Ia tidak masuk dalam skuad ketika Garuda Select bertanding melawan Southampton.

Baca Juga:
Disanksi FIFA, PSSI Kehilangan Dana Santunan Ratusan Miliar

Absennya pemain timnas Indonesia U-16 tentu menjadi pukulan telak karena ia salah satu mesin gol yang dimiliki Garuda Select.

Selain itu, ada juga satu nama yang absen yaitu Cristian Mazzara. Sama seperti Nabil, pemain asal Italia itu tidak masuk ke dalam skuad.

Di sisi lain, Des Walker mengungkapkan kekalahan anak asuhnya bukan karena sang striker 185. Namun, timnya tampil di bawah performa.

Baca Juga:
Indonesia Dapat Sanksi Pembekuan Dana FIFA Forward, Apa Itu?

"Sedikit mengecewakan karena saya merasa kita tidak tampil dengan standar normal kita," ujarnya dikutip dari unggahan @programgarudaselect5.

"Kita berikan mereka tugas dan tanggung jawab dan saya merasa mereka tidak melakukannya atau mereka tidak memahaminya atau tak menjalankannya. Jadi kita harus mencoba mengubah keadaan," imbuhnya.

Eks Sampdoria dan Nottingham Forest itu menekankan setiap pemain bola tentu mengincar kemenangan di setiap pertandingan. Sayangnya, terkadang tak sesuai harapan.

Baca Juga:
Pernyataan Lengkap FIFA soal Sanksi Administrasi untuk PSSI

"Kita ingin menunjukkan diri kita dan menampilkan apa yang telah kita pelajari selama kita berada di sini dan sampai saat ini mereka melakukannya dengan bagus."

"Saya rasa mereka sedikit mengecewakan diri mereka sendiri. Saya tidak yakin. Mereka tidak terlihat percaya diri dan mengimplementasikan apa yang telah mereka pelajari. Semoga bisa kita perbaiki dan memulainya lagi," tukasnya.

Load More