Husna Rahmayunita
Winger Persita Tengerang, Esal Sahrul. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - Untuk membentuk kerangka Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala AFF U-23 2023, Shin Tae-yong memantau laga-laga Liga 1 2023/2024.

Beberapa tantangan memang menghadang Shin Tae-yong jelang kejuaraan yang bakal berlangsung pada 17-26 Agustus mendatang.

Di antaranya stok pemain usia 23 dan di bawahnya untuk masuk ke skuad Timnas U-23. Beberapa pemain seperti Muhammad Ferarri, Ginanjar Wahyu, Frengky Missa dan Kakang Rudianto yang absen karena menjalani pendidikan kepolisian.

Baca Juga:
3 Pemain Diaspora yang Beri Kode Ingin Perkuat Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Tertarik?

Kemudian ada 3 pemain yang dihukum imbas keributan di final SEA Games 2023. Selain itu, Shin akan kesulitan memanggil pemain di luar negeri karena Piala AFF U-23 2023 tak masuk kalender FIFA.

Oleh karena itu, ada beberapa rekomendasi pemain—yang tak pernah membela Timnas Indonesia di kelompok umur manapun—yang bisa dipanggil STY ke Timnas Indonesia U-23.

1. Esal Sahrul

Baca Juga:
Pelatih Asal Brasil Curhat Berat Badannya Turun 13 Kg saat Melatih Klub Liga 1

Membela Persita Tangerang, striker berusia 21 tahun itu sudah mencatatkan 2 gol dari 4 penampilannya di Liga 1 2023-2024. Gol teranyar Esal dicetak saat melawan Persikabo 1973 di mana laga berakhir 2-2. 

Penampilan apik Esal Sahrul bahkan telah membawa Persita menduduki posisi kedua di klasemen sementara Liga 1 2023-2024 saat ini. Persita sudah meraih 11 poin dari 7 laga yang dijalani.

2. Faqih Maulana

Baca Juga:
Top Scorer Arab Club Champions Cup 2023: Cristiano Ronaldo Berpeluang Lewati Karim Benzema

Untuk posisi bek kiri yang kemungkinan tak bisa diisi Pratama Arhan, Shin Tae-yong bisa memanggil bek sayap Persis Solo, Faqih Maulana.

Pemain berusia 18 tahun itu sudah menjadi pilihan utama di sektor pertananan kiri Persis. Ia sudah memainkan 5 pertandingan dengan torehan dua assist.

3. Abdul Rahman

Baca Juga:
Sempat Diunggah PSSI, Teka-teki Daftar 26 Pemain yang Dipanggil TC Timnas Indonesia U-23

Untuk mengisi pos lini depan, Shin Tae-yong bisa menjajal kemampuan pemain RANS Nusantara FC ini. Pemain berusia 20 tahun tersebut sudah tampil dalam 6 pertandingan.

Kelebihan Abdul Rahman adalah ia bisa dimainkan dalam tiga posisi berbeda di depan, mulai dari penyerang tengah, gelandang serang, hingga second striker. Ia sejauh ini sudah mencetak satu gol.

4. Muhammad Ragil

Masih untuk opsi penyerang Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023 nanti, Shin Tae-yong bisa memanggil pemain berusia 18 tahun milik Bhayangkara FC ini.

Meski belum banyak mendapat kesempatan, Ragil tampil cukup impresif dengan mencatatkan satu gol dari dua penampilan di Liga 1 2023/24.

5. Toni Firmansyah

Talenta muda berusia 18 tahun milik Persebaya Surabaya ini bisa menjadi pemain non timnas yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23.

Di usianya yang masih sangat muda, Toni mendapat banyak kepercayaan tampil bersama Bajul Ijo musim ini. Ia mencatatkan 5 penampilan dengan torehan satu gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More