Arif Budi Setyanto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Presiden FIFA Gianni Infantino. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - FIFA resmi mengeluarkan sanksi terhadap Indonesia imbas dari pembatalan Piala Dunia U-20. Menurut Ketum PSSI, sanksi untuk Indonesia masih tergolong ringan.

"Saya hanya bisa berucap, Alhamdulillah, atas rahmat Allah SWT dan doa dari seluruh rakyat Indonesia khususnya para pecinta sepakbola, Indonesia bisa terhindar dari sanksi berat pengucilan dari sepakbola dunia," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/4/2023).

"Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning, tidak kartu merah," sambung menteri BUMN tersebut yang kini tengah berada di Paris, Prancis.

Baca Juga:
Disanksi FIFA, PSSI Kehilangan Dana Santunan Ratusan Miliar

Sanksi yang diberikan FIFA kepada Indonesia adalah soal administrasi terkait pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI.

"Setelah saya menyampaikan pesan Presiden Jokowi, dan menjelaskan cetak biru sepak bola kita, FIFA hanya memberikan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI. Hal itu akan direview kembali setelah FIFA mempelajari strategi besar pengembangan sepak bola Indonesia," ujarnya.

Dengan keluarnya sanksi ringan ini, timnas Indonesia masih bisa bermain di ajang internasional seperti SEA Games, Piala Asia 2023, hingga FIFA Matchday.

Baca Juga:
Indonesia Dapat Sanksi Pembekuan Dana FIFA Forward, Apa Itu?

Kemudian peluang Indonesia menggantikan Peru untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 juga terbuka lebar. Sebab, PSSI juga menegaskan siap jika ditunjuk FIFA.

"(Piala Dunia) U-20 saja kami siap. Kan levelnya (Piala Dunia U-17) di bawah itu," kata Waketum PSSI Zainudin Amali saat bincang-bincang dengan awak media di Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

"Kalau timnasnya nanti yang juara AFF, (tim) Bima Sakti. Itu sih oke," sambung mantan Menpora tersebut.

Baca Juga:
Pernyataan Lengkap FIFA soal Sanksi Administrasi untuk PSSI

Apalagi di Piala Dunia U-17, Israel juga tidak lolos. Hal ini mengurangi potensi kegaduhan seperti di Piala Dunia U-20 lalu.

Menarik dinantikan apakah Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang tetap dijadwalkan pada November - Desember 2023.

Baca Juga:
Kena Sanksi FIFA, Timnas Indonesia U-22 Tetap Bisa Main di SEA Games 2023

Load More