Rauhanda Riyantama | Andiarsa Nata
Skuat Timnas Indonesia U-22 lawan Timnas Vietnam U-22. (twitter.com/pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 akan bersua dengan Timnas Thailand U-22 di laga final Piala AFF-22 2019 di Stadion Olimpiade, Phnom Penh pada Selasa (26/2/2019). Sebelum laga pamungkas tersebut dihelat, ada lima fakta menarik terkait pertemuan kedua tim nasional tersebut.

Perjalanan Timnas Indonesia U-22 ke partai final tidak lah mudah. Tergabung di Grup B bersama Kamboja, Malaysia, dan Myanmar, skuar Garuda menelan hasil imbang dua kali melawan Myanmar dan Malaysia.

Di laga penutup lah tim besutan Indra Sjafri baru meraih kemenangan sekaligus mengantar mereka ke semifinal setelah mengalahkan tuan rumah Kamboja dengan skor 2-0.

Baca Juga:
Bintang Persija Jakarta Tak Gentar Hadapi Wakil Vietnam

Langkah mereka pun berjalan mulus ketika berhadapan dengan Vietnam di babak semifinal, Timnas Indonesia menang dengan skor 1-0 dan lolos ke final Piala AFF U-22 2019.

Para pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan gol penyerang Marinus Wanewar (kiri) ke gawang Kamboja pada laga matchday pamungkas Grup B Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Jumat (22/2/2019) malam WIB. [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

Sementara Thailand, tim yang berjuluk The War Elephants ini memperoleh dua kali kemenangan ketika berhadapan dengan Timor Leste dan Filipina. Thailand memperoleh satu kali hasil imbang ketika berhadapan dengan Vietnam.

Di babak semifinal, Thailand dipaksa bermain hingga babak adu penalti oleh Kamboja. Mereka kemudian unggul dibabak tos-tosan dengan skor 3-5.

Baca Juga:
Jelang Laga Perdana Piala AFC, Ivan Kolev Waspadai Kecepatan Pemain Becamex

Melihat perjalanan kedua tim tersebut hingga final, sepertinya laga nanti akan berjalan sengit. Pasalnya, kedua tim juga bukan kali pertama berhadapan, baik Indonesia dan Thailand sebenarnya sudah tahu karakter permainan masing-masing tim.

Berikut lima fakta menarik yang berhasil dikumpulkan Bolatimes.com terkait laga final Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Thailand U-22 di Piala AFF U-22 2019.

1. Timnas Indonesia U-22 dan Thailand merupakan sama-sama runner up grup di Piala AFF U-22 2019. Indonesia merupakan runner-up Grup B dibawah Kamboja. Sedangkan Thailand menjadi runner-up Grup A di bawah Vietnam.

Baca Juga:
Prediksi Indonesia U-22 vs Thailand U-22: Indra Sjafri Ingin Gondol Trofi

2. Laga final ini merupakan laga final pertama Timnas Indonesia U-22 di debut mereka pada ajang Piala AFF U-22 2019. Sedangkan Thailand ini menjadi laga final kedua setelah menjadi juara pada tahun 2005.

3. Dalam langkah Timnas Indonesia U-22 menuju final, skuat Garuda telah kebobolan tiga gol dan mencetak enam gol. Sementara Timnas Thailand U-22 belum kebobolan hingga lolos ke final.

4. Timnas Indonesia U-22 dan Thailand sama-sama belum merasakan kekalahan hingga sampai ke final. Indonesia meraih dua kali kemenangan dan dua hasil imbang. Sedangkan Thailand mendapatkan hasil tiga kali kemenangan dan satu hasil imbang.

Baca Juga:
Selebrasi Pegang 'Anu' Diego Simeone Resmi Didakwa UEFA

5. Laga final Piala AFF U-22 2019 ini akan menjadi laga final kedua bagi pelatih Indra Sjafri di ajang Piala AFF di kelompok umur yang berbeda. Sebelumnya, pelatih asal Sumatera Barat itu pernah membawa Timnas Indonesa U-19 meraih gelar juara pada Piala AFF 2013.

Load More