Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Siapa pemain senior yang akan membela Timnas Indonesia U-24 untuk Asian Games 2022 sudah terkuak. Dua di antaranya adalah Jordi Amat dan Rachmat Irianto.

Cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2022 diketahui menaikan batas usia menjadi 24 tahun atau U-24. Itu dilakukan karena ajang multievent ini tertunda satu tahun karena pandemi Covid-19.

Pemain yang boleh didaftarkan untuk Asian Games 2022 adalah kelahiran maksimal 1 Januari 1999. Tetapi, setiap tim dibolehkan mendaftarkan tiga pemain senior.

Nah, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan mengatakan salah satu pemain yang didaftarkan adalah Jordi Amat. Selain itu ada lagi Rachmat Irianto.

Endri menjelaskan ini berdasarkan daftar 44 nama pemain yang disetor ke Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia). Meski NOC cuma menyetujui 41 nama.

Jordi Amat saat berselebrasi bersama para pemain Timnas Senior (pssi.org)

Nantinya, cuma 22 pemain yang akan dibawa ke China. Semua tergantung penilaian Pelatih Indra Sjafri termasuk juga restu klub mengingat Asian Games bukan agenda FIFA.

"Long list-nya sudah keluar. Ada Jordi Amat, Rachmat Irianto, saya lupa sisanya. Ada beberapa lainnya. Nanti tiga pemain (senior) yang dipilih," kata Endri Erawan kepada awak media, Selasa (5/9/2023).

"Di long list itu ada sekitar 44 pemain, tapi tidak disetujui KOI itu ada tiga pemain jadi sisa 41 pemain. Di situ ada lima pemain senior kalau saya tidak salah," tambah lelaki yang juga manajer Timnas Indonesia tersebut.

Adapun rencananya, Timnas Indonesia U-24 proyeksi Asian Games 2022 akan memulai TC pada 7 September. Namun, diyakini belum semua bergabung mengingat ada event lain seperti Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dan FIFA matchday.

"Nanti akan dipilih coach Indra tergantung dari kesediaan klubnya melepas ke Timnas Indonesia U-24 atau tidak," pungkasnya.

Asian Games 2022 digelar di China pada 23 September-8 Oktober 2023. Sementara, cabor sepak bola bakal dimulai empat hari lebih awal.

Timnas Indonesia U-24 tergabung di Grup F bersama Korea Utara, Kirgistan, dan Taiwan. Sampai dengan saat ini PSSI belum merilis daftar nama pemain Timnas Indonesia U-24 untuk Asian Games 2022.

Load More