Rauhanda Riyantama
Kolase Shin Tae-yong dengan Fakhri Husaini. (Dok. PSSI dan LIB)

Bolatimes.com - Berikut deretan pelatih yang cocok menangani Timnas U-17 andai Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada akhir tahun ini.

Belum lama ini, FIFA mencoret Peru dari statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar pada November hingga Desember 2023 mendatang.

Hal ini diketahui dari rilis resmi FIFA yang menyebutkan bahwa keputusan ini diambil setelah adanya diskusi dengan Federasi Sepak Bola Peru atau FPF.

Baca Juga:
Bali United Dibantai Borneo FC, Teco Bongkar Biang Keladi Kekalahan Timnya

“FIFA dengan menyesal telah mencabut hak tuan rumah Peru untuk Piala Dunia U-17 2023 setelah diskusi ekstensif antara FIFA dan Federasi Sepak Bola Peru (FPF).”

“Turnamen tetap dijadwalkan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023, tetapi Biro Dewan FIFA sekarang akan menunjuk tuan rumah baru pada waktunya,” bunyi pernyataan FIFA.

Dengan adanya kemungkinan penunjukkan tuan rumah yang baru, PSSI yang dipimpin Erick Thohir pun bisa melobi FIFA agar Piala Dunia U-17 2023 digelar di Indonesia.

Baca Juga:
Good News! Eks Utusan PSSI Sebut Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner Tetap Ingin Bela Timnas Indonesia

Lobi ini bisa menjadi pelipur lara Indonesia yang statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 sebelumnya dicabut oleh FIFA.

Jika lobi ini berhasil, Indonesia pun otomatis akan tampil di Piala Dunia U-17 2023. Jika hal tersebut terjadi, siapa pelatih yang cocok untuk menukangi tim berjuluk Garuda Asia ini? Berikut daftarnya.

1. Shin Tae-yong

Baca Juga:
Gagal Juara BRI Liga 1, Luis Milla Ingin Persib Bandung Petik Hasil Bagus Lawan Persis Solo

Dengan turnamen yang baru akan berjalan pada akhir tahun, tepatnya pada 10 November hingga 2 Desember 2023, maka PSSI bisa menunjuk Shin Tae-yong untuk menahkodai Timnas Indonesia U-17.

Penunjukkan ini bisa menjadi pelipur lara Shin Tae-yong yang gagal menukangi Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Selain itu, penunjukkan ini bisa memberi kesan positif, bahwa Timnas Indonesia dari senior hingga kelompok umur memiliki visi yang sama dengan pelatih asal Korea Selatan itu.

Baca Juga:
Momen Pertemuan Gibran dan Ganjar usai Selisih Pendapat Terkait Piala Dunia U-20

2. Bima Sakti

Jika Timnas U-17 tampil di Piala Dunia U-17 2023, maka skuad yang digunakan adalah pemain jebolan Timnas Indonesia U-16.

Karenanya, PSSI kemungkinan akan menunjuk Bima Sakti yang sudah menukangi Timnas Indonesia U-16 sejak lama dan mengenal para pemain di tim tersebut.

Di sisi lain, Bima Sakti terhitung kompeten usai berhasil membawa Timnas Indonesia U-16 meraih titel Piala AFF U-16 pada 2022 lalu.

3. Fakhri Husaini

Nama terakhir yang bisa jadi opsi adalah 'musuh' Shin Tae-yong, Fakhri Husaini. Sebagaimana diketahui, ia salah satu pelatih lokal yang dulunya pernah mengkritik kedatangan juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Meski demikian, Fakhri Husaini punya pengalaman segudang dalam menukangi Timnas di level usia muda. Di bawah arahannya, Timnas Indonesia U-16 bisa menjuarai Piala AFF U-16 2018 dan mampu menembus perempat final Piala Asia U-16 2018.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More