Rauhanda Riyantama
Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak (kanan) berusaha melewati hadangan pemain Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto (kiri) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Bolatimes.com - Bek Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto mengaku terkejut saat ditunjuk menjadi kapten saat timnya menghadapi Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (17/12/2019) malam.

"Saya tidak menyangka dijadikan kapten karena di tim ada pemain senior lain seperti Hansamu Yama dan Otavio Dutra,” ujar Rachmat usai pertandingan, seperti dikutip dari Suara.com.

Meski demikian, Rachmat yang baru berusia 20 tahun itu menyebut bahwa dirinya menjalankan dengan sebaik mungkin peran tersebut.

Baca Juga:
Selangor FA: Terima Kasih Mas Bambang, Legenda dari Indonesia

Sang pelatih Aji Santoso menyanjung performa Rachmat Irianto sebagai pemimpin di lapangan. Menurut Aji, dia sengaja menunjuk pemain belia seperti Racmat sebagai kapten.

“Saya mau mengajarkan seluruh pemain saya bagaimana menjadi seorang pemimpin. Rachmat menjawab dengan baik tugas yang diberikan dan bisa menjadi panutan walau masih muda. Saya yakin ke depan Rachmat akan jauh lebih bagus,” tutur dia.

Pesepak bola Persija Jakarta Marko Simic (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persebaya Surabaya Rachmat Irianto (kanan) dalam lanjutan Liga-1 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019). Persija Jakarta dikalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 1-2. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bukan cuma kapten, Rachmat Irianto juga menjalani tugas baru saat menghadapi Persija yakni menjadi bek kiri. Biasanya, pesepak bola yang akrab disapa Rian itu mengisi pos bek tengah atau gelandang bertahan.

Baca Juga:
Pebalap MotoGp akan Bukan Laga El Clasico, Siapa?

Aji Santoso menjelaskan, dirinya terpaksa menurunkan Rachmat di sana karena kondisi Ruben Sanadi lemas dan kurang istirahat setelah mengalami diare.

Ternyata, penampilan Rachmat dinilai sangat baik oleh Aji. Rian dianggap berhasil “mematikan” pemain sayap andalan Persija Riko Simanjuntak yang mengisi sisi kanan.

“Kunci permainan Persija itu ada di Riko Simanjuntak dan Marko Simic. Jika berhasil menghentikan mereka, kami bisa mendapatkan poin,” kata Aji Santoso.

Baca Juga:
Persija Takluk di Kandang, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2019

Kemenangan atas Persija membuat Persebaya naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019 dengan mengumpulkan 51 poin dari 33 laga.

Persebaya akan menjalani laga terakhirnya di Liga 1 2019 melawan Perseru Badak Lampung, Minggu (22/12/2019), di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Load More