Rauhanda Riyantama
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Bolatimes.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengimbau agar kontingen Indonesia mengurangi bermain media sosial (medsos) selama bergulirnya SEA Games 2019. Menurutnya, medsos bisa mempengaruhi mental bermain para atlet.

Hal ini disampaikan politikus Partai Golkar itu saat memberikan penyuluhan kepada skuat Timnas Indonesia U-22 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

"Anak-anak kita ini masih suka terpengaruh dengan itu (medsos). Kan kalau kebiasan kita, kalau dia bagus, wah pujiannya luar biasa. Begitu dia agak kendor sedikit, wah luar biasa juga (dicibir). Nah, itu berpengaruh," kata Zainudin, seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga:
Permak Hong Kong 4-0, Fakhri Husaini Semringah Tatap Laga Lawan Korea Utara

''Berbeda dengan saya, mau di-bully kayak apapun kita ready. Tapi anak-anak kita, kan ya usia-usia seperti itu mereka sangat terpengaruh. Ya itu, kita imbau untuk sementara jangan main medsos dulu ya," celotehnya.

Zainudin sendiri bukan melarang Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan untuk bermain medsos selamanya. Ia berharap para pemain getol lagi main medsos setelah SEA Games 2019 rampung.

"Nanti saja setelah selesai pertandingan, itu berpengaruh secara psikologis buat pemain kita," ujar Menpora.

Baca Juga:
Visioner, Ini Alasan Tavares Kerap Libatkan Pemain Muda Persija Jakarta

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri (keempat kiri) memberikan arahan pada anak asuhnya saat latihan di Stadion Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Yang menarik, pelatih Indra Sjafri rupanya tidak melarang anak-anak asuhnya bermain medsos saat turun di cabang olahraga SEA Games 2019 Filipina nanti. Ia percaya bahwa para pemain tahu batasannya.

"Ya umur-umur segitu wajar saja, tapi saya pikir mereka tahu batasan-batasannya. Susah juga ya usia seperti itu. Tapi saya setuju apa yang dikatakan pak menteri, harus fokus dulu menjelang SEA Games, kan itu konteks beliau," tutur Indra Sjafri.

"Bukan beliau melarang dan tidak boleh menjalani kehidupan, saya pun tak akan melarang para pemain. Tapi, kewajiban sebagai atlet, terlebih untuk SEA Games, semuanya harus fokus termasuk saya," pungkasnya.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Disuntik Vaksin Polio, Kenapa?

Sebagai informasi, di cabanag olahraga sepakbola, Timnas Indonesia U-22 sendiri tergabung di Grup B. Garuda Muda akan melawan Thailand, Vietnam, Laos, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Load More