H.M Permana
Kapten tim Persib Bandung, Marc Klok (MO Persib)

Bolatimes.com - Kapten tim Persib Bandung Marc Klok blak-blakan soal keputusannya istirahat dari media sosial untuk sementara waktu. Ia memutuskan fokus pada persiapan Piala Asia 2023 bersama Timnas Indonesia.

Pemain Persib bernomor punggung 23 ini menjelaskan, media sosial bisa memberikan efek positif, tetapi ada juga dampak negatif yang bisa diterima. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk menghindari hal-hal tersebut agar konsentrasinya tidak terpecah.

"Banyak opini dari orang lain, ada sentimen yang negatif dan kerap ada keluhan," ungkap Marc Klok.

Baca Juga:
Rampungkan Proses Naturalisasi, Thom Haye Ingin Segera Perkuat Timnas

"Saya tidak mau teralihkan karena elemen tersebut dan harus berada dalam iklim yang positif untuk meraih target yang diincar dan tentu akan indah ketika itu bisa diraih," ungkap pemain yang didatangkan Persib dari Persija.

Marc Klok dkk saat ini tengah berada di Turki dalam rangka pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia. Skuad Garuda terbang ke Turki Sejak Rabu 20 Desember 2023 lalu.

Pemain yang didatangkan Persib pada tahun 2021 ini menegaskan, ia ingin mendapatkan hasil terbaik dalam turnamen ini. Oleh karena itu, fokus dan menghindarkan diri dari gangguan adalah cara untuk bisa mengakhiri Piala Asia 2023 dengan indah.

Baca Juga:
Gara-gara Status Barunya di Persib, Stefano Beltrame Merasa Terhormat

"Jadi tentu saya ingin menggapai hasil sebaik mungkin dan juga menjadi sosok terbaik dari diri saya. Itu artinya, saya tidak mau ada gangguan dan fokus kepada satu-satunya target, menjadi yang terbaik dan bisa tetap sehat," ucapnya.

Latihan Keras

Pemain Persib Marc Klok dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki. (PSS)

Selain menjauh dari media sosial untuk sementara waktu. Marc Klok juga melakukan hal-hal positif yang bisa meningkatkan kualitas diri seperti latihan keras dan meditasi.

Baca Juga:
Ditonton dari Brasil, Penampilan Kevin Ray Mendoza Bersama Persib Dipuji

Pemain yang pernah menggunakan nomor punggung 10 di skuad Persib Bandung ini menjelaskan bahwa kesehariannya diisi oleh hal-hal positif, termasuk menjaga makanan.

"Saya berlatih dengan sangat keras, mengonsumi makanan yang sehat dan tidur dengan sangat bagus. Saya juga melakukan meditasi," kata Marc Klok dikutip dari laman resmi Persib.

Selain itu, pemain berdarah Belanda ini juga membangun chemistry dengan para pemain lainnya dengan meningkatkan komunikasi.

Marc Klok sesekali berdiskusi dan mengisi waktu bersama para pemain Timnas Indonesia lainnya di Turki.

Sementara itu, selain Marc Klok, satu pemain Persib lainnya yang juga masuk dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia yaitu Edo Febriansah.

"Ini grup yang dihuni pemain-pemain bagus, ada banyak perbincangan yang menyenangkan dan banyak meluangkan waktu bersama. Jadi ini hal yang penting untuk kekompakan," ungkap pemain yang sudah mengemas empat gol untuk Persib musim ini.

Load More