Muhammad Ilham Baktora
Momen Mitchell Duke cetak gol saat Timnas Australia lawan Tunisia di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Gol semata wayang Timnas Australia saat menghadapi Tunisia menjadi kemenangan bagi tim berjuluk Socceroos di lanjutan Piala Dunia 2022, Sabtu (26/11/2022). Mitchell Duke adalah penentu kemenangan Australia 1-0 atas Tunisia.

Sepak terjang Mitchell Duke di dunia sepak bola sudah banyak makan asam garam. Meski tak begitu terkenal di telinga penikmat sepak bola, kiprahnya tak bisa diremehkan. Gol yang dibuat ke gawang Tunisia tercatat sebagai gol ke-50 sejak Piala Dunia 2022 berjalan.

Profil Mitchell Duke

Baca Juga:
Girangnya Anak-anak Ini Bersalaman dengan Messi di Piala Dunia, Netizen: Bekas di Tangannya Enggak bakal Sudi Dicuci

Mitchell Duke sendiri mengawali karier di lapangan hijau bersama klub lokal, Parramatta Eagles, Central Coast Mariners dan juga Blacktown City FC.

Bermain selama tiga tahun di Australia, dirinya mulai menjajal ke Liga Jepang dan bergabung dengan Shimizu S-Pulse pada 2015.

Kiprahnya tak hanya di Jepang, empat tahun berselang, ia kembali ke Australia dan berseragam Western Sydney pada 2019.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022 Tunisia vs Australia: Mitchell Duke Cetak Gol, Socceroos Menang Tipis 1-0

Duke sempat bermain di klub Arab Saudi, Al-Taawoun sebagai pinjaman sejak 2020 hingga 2021. Setelah kontraknya habis, Pemain asal Liverpool, New South Wales ini kembali ke Jepang dan membela Fagiano Okayama hingga sekarang.

Duke mengawal karier Timnas Australia pada 2013 lalu. Bermain di fase grup ia sempat bertemu dengan Korea Selatan, Jepang dan juga China. Sayang dalam pertandingan itu Australia tampil buruk.

Pada 2019 lalu dirinya kembali dipercaya untuk membela Australia dalam uji coba menghadapi Korea Selatan. Tak hanya itu, dia juga mendapat kesempatan bermain di kualifikasi Piala Asia menghadapi Yordania di tahun yang sama.

Baca Juga:
Dibantai Prancis 4-1 di Piala Duni 2022, Pelatih Australia: Fisik Mereka Jauh Lebih Besar

Fagiano Okayama sendiri merupakan klub Liga 2 Jepang atau J2 League. Duke yang bermain untuk Australia tercatat sebagai pemain di kasta kedua pertama yang mencetak gol di Piala Dunia 2022.

Kemenangan Australia atas Tunisia ini memastikan skuad asuhan Graham Arnold berada di peringkat kedua Grup D di bawah Prancis. Australia mengoleksi 3 poin setelah dilumat habis 4-1 oleh Prancis di laga perdananya.

Kemenangan di matchday kedua ini menjadi modal untuk melanjutkan tren positifnya ketika bersua dengan Timnas Denmark. Pertandingan sendiri dijadwalkan pada 30 November 2022 pukul 22.00 WIB.

Load More