Irwan Febri Rialdi
Cesar Azpilicueta berselebrasi usai menjebol gawang Kroasia di Euro 2020. (Wolfgang Rattay/AFP)

Bolatimes.com - Setiap pesepak bola biasanya bermain mengenakan atribut entah itu untuk sekadar gaya ataupun membantu penampilannya. Termasuk Cesar Azpilicueta yang mengenakan semacam kain untuk membalut telapak tangan kirinya, untuk apa?

Cesar Azpilicueta merupakan bek kanan kawakan milik tim nasional Spanyol sekaligus kapten dari raksasa Inggris, Chelsea. Bek berusia 31 tahun ini biasa dikenal sebagai ‘Tuan Konsisten’ karena permainannya yang tak neko-neko dan stabil.

Azpilicueta bergabung dengan Chelsea pada 2012 pasca The Blues menjuarai Liga Champions 2011-2012 dari Olympique Marseille.

Baca Juga:
Dulu Tampil Terbuka, 5 Presenter Olahraga Cantik Ini Kini Berhijab

Tercatat, hingga saat ini ia merupakan pemain terloyal kepada Chelsea karena telah sembilan tahun berada di klub asal London Barat tersebut. Berkat loyalitasnya, ia pun diberikan ban kapten The Blues.

Nasib apik Cesar Azpilicueta bersama Chelsea nyatanya tak berlanjut di tim nasional Spanyol. Banyaknya bek kanan berkualitas di La Furia Roja, membuatnya menjadi pilihan kedua.

Meski demikian di Euro 2020 ini, Luis Enrique memberikan slot bek kanan tetap kepadanya sejak laga terakhir fase grup hingga perempat final.

Baca Juga:
3 Klub yang Bisa Jadi Labuhan Baru Lionel Messi

Keputusan Enrique memainkan Azpilicueta tak lepas dari konsistensinya yang apik dalam bertahan dan menyerang. Saat ia bermain, Spanyol pun mendapat imbas dengan tiga kemenangan beruntun.

Bahkan, Azpilicueta berhasil mencetak gol di babak 16 besar kala menghadapi Kroasia. Konsistensinya dalam bermain membuat Marcos Llorente pun harus terpinggirkan.

Berbicara soal penampilan Azpilicueta di lapangan, selain karena konsistensinya, mata penonton juga tertuju pada kain yang membalut telapak tangan kirinya.

Baca Juga:
Mengenal Ben Thatcher, Sikutnya Hampir Bunuh 2 Orang

Pertanyaan pun muncul di benak pecinta sepak bola. Mengapa Cesar Azpilicueta menggunakan kain yang menutupi telapak kirinya baik di Chelsea musim lalu dan tim nasional Spanyol di Euro 2020?

Di Balik Kain yang Membalut Tangan Azpilicueta

Mengapa Cesar Azpilicueta mengenakan kain di telapak tangan kirinya setiap bermain bagi Chelsea dan tim nasional Spanyol di Euro 2020? Hal tersebut karena cedera di telapak tangan kirinya.

Baca Juga:
Ayahnya Kuli Bangunan, 5 Fakta Menarik Soal Jordan Pickford

Azpilicueta diketahui menderita patah metacarpal pada 2017 silam kala Chelsea menjalani laga melawan Swansea.

Metacarpal sendiri adalah tulang yang menghubungkan pergelangan tangan dengan tulang jari. Diketahui, Azpilicueta mematahkan metakarpal kelimanya yakni jari kelingking.

Maka jangan heran melihat Azpilicueta membalutkan jari kelingkingnya ke jari manis dengan kain yang membalut ke tangan kirinya.

Bukankah dengan cedera seharusnya Azpilicueta istirahat? Cedera metacarpal tak terlalu berpengaruh untuk pemain sepak bola kecuali kiper. Untuk itu, Azpilicueta tak merasa terganggu dan terus bermain bagi Chelsea dan tim nasional Spanyol dengan mengenakan kain khusus di tangan kirinya.

Belum diketahui apakah cedera tersebut sudah sembuh atau belum. Namun, demi alasan kesehatannya, Azpilicueta tetap mengenakan kain khusus tersebut agar kejadian di patah metacarpal tak terulang.

Hal ini umum terjadi di sepak bola seperti Petr Cech yang tetap mengenakan helm Rugby saat bermain demi keselamatannya kendati telah sembuh dari retak tulang tengkorak yang ia derita pada 2007 silam.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More