Rauhanda Riyantama
Sejumlah pembalap memacu motornya dalam race 1 WorldSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Bolatimes.com - Indonesia kembali menjadi tuan rumah MotoGP 2022 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nah, menarik untuk dibahas bagaimana sejarah MotoGP di Indonesia.

Tahun 2022 akan jadi momentum besar bagi sejarah balap motor Indonesia. Pasalnya, pada tahun tersebut, Indonesia jadi tuan rumah perhelatan akbar MotoGP.

Ini tentu jadi kabar baik, karena akhirnya Indonesia bisa mengikuti jejak Malaysia dan Thailand, yakni dua negara yang juga pernah jadi tuan rumah gelaran MotoGP.

Baca Juga:
Positif Covid-19 usai Tersingkir dari German Open 2022, Jonatan Christie Sampaikan Pesan Menyentuh

Diketahui, Malaysia terpilih jadi tuan tuan dari tahun 1999 dengan Sirkut Sepang-nya. Sedangkan Thailand, terpilih jadi tuan rumah gelaran motoGP sejak 2018 dengan Sirkuit Buriram-nys. 

Lantas, bagaimana sejarah MotoGP di Indonesia? Untuk selengkapnya, berikut ini ulasannya.

Berikut Sejarah MotoGP Indonesia

Baca Juga:
Chelsea Ditinggal Sponsor usai Roman Abramovich Disanksi, Logo Angka '3' Segera Hilang

Jika ditelusuri sejarahnya, rupanya Indonesia adalah negara di Asia Tenggara (ASEAN) pertama yang pernah jadi tuan rumah perhelatan MotoGP. Indonesia pernah menggelar balap MotoGP tahun 1996 serta 1997.

Saat itu, gelaran MotoGP diadakan dsirkuit Sentul, Bogor. Pada musim 1996, negara Indonesia terpilih jadi tuan rumah balap MotoGP ke-2 yang digelar dalam 15 seri. Sedangkan pada musim 1997, nrgara Indonesia ditetapkan jadi seri ke-14.

Diketahui, kompetisi MotoGP pada masa itu masih menggunakan motor dua tak berkapasitas 500cc, 250cc, serta 125cc. Meski kapasitas motor pada masa tersebut setengahnya dari mesin MotoGP masa sekarang, tapi kecepatannya tetap mampu membuat kagum para pecinta otomotif.

Baca Juga:
Sudah Seminggu, Begini Kabar Terbaru Naturalisasi Emil Audero Mulyadi

Deretan nama pembalap legendaris MotoGP pada masa itu turut juga mewarnai, beberapa di antaranya yakni Mwx Biaggi, Mick Doohan, dan Valentino Rossi. Deretan nama tersebut bahkan turut memperindah podium di Sentul.

Pada masa itu, Mick Doohan tercatat sukses mendapat podium tertinggi di kelas 500cc  musim 1996. Setahun setelahnya, Max Biaggi juga sukses meraih podium di kelas 250cc. Sedangkan, Valentino Rossi berhasil meraih podium di kelas 125cc.

Hanya saja, emeriahan MotoGP Indonesia ini tidak bertahan lama. Sebab, tahun di Indonesia terkadi krisis keuangan pada tahun 1998 sehingga pemerintah pun menghentikan kontrak dengan Dorna yang merupakan pengelola MotoGP.

Baca Juga:
Kocak, Begini Potret Jordi Amat dan Sandy Walsh andai Pakai Jersey Timnas Indonesia

Selain itu, pada tahun 1999 hadir Sirkuit Sepang Malaysia, yang mana hal itu membuat Dorna memutuskan agar gelaran MotoGP dipindah ke Malaysia. 

Kini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah gelaran MotoGP dengan Mandalika sebagai sirkuit andalannya. Geleran MotoGP Mandalika yang berada di Lombok ini akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022. Sudahkan Anda siap untuk menonton MotoGP?

(Kontributor: Ulil Azmi)

Load More