Pipin Lukmanul Hakim
Ilustrasi balapan MotoGP. Liberty Media mengumumkan secara resmi mengakuisisi balapan MotoGP dari Dorna Sports. (Instagram/@89jorgemartin).

Bolatimes.com - Ajang balap motor populer di dunia, MotoGP resmi dibeli oleh Liberty Media (pemilik balapan Formula 1) dari Dorna Sports.

Itu artinya, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut menguasai dua ajang balapan terbesar di dunia, yakni MotoGP dan F1.

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

Baca Juga:
Dari 28 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia U23, Persija Sumbang Paling Banyak, Persib Nihil

"Liberty Media Corporation telah mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi MotoGP. Akuisisi kejuaraan balap motor terkemuka dunia memperluas portofolio aset olahraga global berkualitas tinggi Liberty Media," demikian tulis pernyataan resmi MotoGP, Senin (1/4/2024).

Meski resmi menjadi pemilik baru MotoGP, Liberty Media tetap memberi keleluasaan pada Dorna untuk mengelola MotoGP, Moto2, dan Moto3.

Nama Carmelo Ezpeleta bahkan tetap menjabat posisi sebagai CEO Dorna Sports.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Apresiasi Bantuan Erick Thohir, Timnas Indonesia U23 Bisa Berangkat Lebih Awal

"Perjanjian baru ini akan menjadikan Dorna Sports, pemegang hak komersial dan televisi eksklusif MotoGP, tetap menjadi perusahaan independen yang dikaitkan dengan tracking stock Formula One Group Liberty Media," bunyi keterangan tersebut.

"Carmelo Ezpeleta yang menjabat CEO (Dorna) sejak 1994, akan tetap pada posisinya, dan terus menjalankan bisnis bersama tim manajemennya. Bisnis (Dorna Sports) akan tetap berbasis di Madrid," tambah keterangan itu.

Sebelumnya, rumor Liberty Media membeli MotoGP dari Dorna Sports sudah muncul dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga:
Soal Kompetisi Liga 1 Ditunda, CEO Bali United dan Pelatih Berbeda Pandangan

Liberty Media Corporation merupakan perusahaan media yang dimiliki oleh pengusaha asal Amerika Serikat, John C. Malone.

Perusahaan asal AS tersebut membeli Formula One Group pada akhir 2016 dengan nilai US$4,4 miliar.

"Kami sangat senang dapat memperluas portofolio aset olahraga, dan hiburan terkemuka kami dengan mengakuisisi MotoGP," kata Presiden dan CEO Liberty Media, Greg Maffei.

Baca Juga:
Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong Sampaikan Terimakasih Kepada Klub dan Pelatih Liga 1

"MotoGP adalah kompetisi global dengan berbasis penggemar yang setia dan antusias, balapan yang menawan, dan profil keuangan yang menghasilkan arus kas yang tinggi," tambahnya. (*)

Load More