Stephanus Aranditio
Pemain Real Madrid, Xabi Alonso saat memperkenalkan dini dengan skuat Real Madrid pada 2009 (AFP)

Bolatimes.com - Mantan gelandang Real Madrid Xabi Alonso kembali ke kota Madrid dan memulai kehidupan barunya sebagai pelatih di Real Madrid U-13.

Real Madrid U-13 akan menjati tim pertama yang ia latih yang menjadi awalan karier kepelatihannya, bukan tidak mungkin pria berusia 36 tahun ini akan promosi secara perlahan ke skuat senior Real Madrid suatu saat nanti.

Selain Alonso, baru-baru ini penyerang legenda Madrid Raul Gonzales juga ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid U-16, legenda lain seperti Zinedine Zidane, Guti, dan Santiago Solari juga membantu akademi Real Madrid.

Baca Juga:
Zinedine Zidane Semakin Dekat dengan Manchester United

Mantan pemain Liverpool, Real Madrid dan Bayern Munchen itu sedang menjalani pelatihan dari UEFA untuk mendapatkan lisensi kepelatihan sejak awal tahun lalu.

Pemain Real Madrid, Xabi Alonso saat baru berlatih bersama skuat Real Madrid pada 2009 (AFP)

Kenapa tidak Liverpool?

Nama Xabi Alonso besar di Liverpool, pada awal tahun 2018 itu pernah menyatakan niatnya untuk tergabung dalam tim kepelatihan Liverpool, namun akhirnya ia memilih Madrid sebagai awal karier kepelatihannya.

Baca Juga:
Resmi, Inilah 32 Klub Peserta Liga Champions 2018/19

''Ya tentu saja, saya telah memimpikan itu, tetapi pertama-tama saya harus membuktikan dan mempersiapkan diri, jika saya memutuskan suatu tempat di sepanjang jalan untuk mengambil peluang saya sebagai seorang manajer, kenalan saya, komitmen saya, semangat saya dengan Liverpool ada di sana,'' kata Xabi Alonso kepada Talksport.

''Kenapa tidak (Liverpool)? Kita akan melihat apakah kita bisa menyeberang jalan dengan cara kita,'' jelas Xabi Alonso.

Dia mungkin bukan satu-satunya yang ingin bergabung dengan Liverpool, kapten Steven Gerard pun kini memulai karier kepelatihannya dengan melatih Ranger.

Baca Juga:
Kalahkan Vietnam di Semifinal, Korsel Berpeluang Raih Emas

Load More