Irwan Febri Rialdi
Bek anyar Borneo FC, Silverio da Silva. (Dok. Borneo FC)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Silverio da Silva, bek asing anyar milik Borneo FC yang diboyong langsung dari kasta kedua Liga Portugal atau Liga Sabseg.

Borneo FC terus memperkuat skuadnya untuk menyambut Liga 1 atau Liga Indonesia musim 2023-2024 yang dijadwalkan bergulir pada awal Juli 2023 mendatang.

Tim berjuluk Pesut Etam ini bahkan tak main-main dalam menyongsong musim baru, dengan melengkapi kuota pemain asingnya sebelum kompetisi dimulai.

Baca Juga:
Dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto Bilang Begini

Komposisi pemain asing tim asal Kalimantan ini lengkap seiring kedatangan Silverio Junio Goncalves da Silva atau akrab disapa Silverio da Silva.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini menjadi pemain asing terakhir yang didatangkan Borneo FC setelah Leo Lelis, Jelle Goselink, dan Win Naing Tun.

"Selamat bergabung untuk Silverio, kedatangannya kita inginkan mampu menambah kekuatan di lini belakang Borneo FC," ujar Presiden Klub, Nabil Husien, dikutip dari laman resmi klub, Selasa (30/5).

Baca Juga:
3 Pelatih Liga 1 yang Bisa Jadi Penerus Shin Tae-yong, Salah Satunya Pernah Dipuji Manajer Timnas Indonesia

Silverio da Silva sendiri diketahui datang ke Borneo FC dengan status bebas transfer, usai kontraknya berakhir bersama klub kasta kedua Liga Portugal, yakni Penafiel.

Lantas, siapakah sosok Silverio da Silva itu? Bagaimana sepak terjangnya sebelum melabuhkan kariernya ke Indonesia dengan bergabung Borneo FC?

Malang Melintang di Liga Portugal

Baca Juga:
Tak Sabar Debut Bareng Timnas Indonesia, Sandy Walsh Latihan Mandiri Jelang Lawan Argentina

Silverio da Silva lahir di Vila do Conde, Portugal pada 26 Desember 1995. Saat ini pemain yang akrab disapa Silverio itu berusia 27 tahun.

Lahir di Vila do Conde, Silverio menapaki kariernya di dunia sepak bola dengan bermain untuk tim kampung halamannya, yakni Rio Ave.

Usai menimba ilmu di akademi Rio Ave selama tujuh tahun, Silverio kemudian ia dipromosikan ke tim utama dengan kontrak jangka panjang berdurasi lima tahun pada 2014.

Baca Juga:
Ketum PSSI Dapat Ucapan Spesial dari Jose Mourinho di Hari Ulang Tahun, Netizen: Calon Pelatih Timnas Indonesia

Sayangnya sejak dipromosikan ke tim utama, Silverio tak mendapat sekalipun kesempatan untuk bermain. Hal ini membuatnya sempat dipinjamkan ke Famalicao di kasta ketiga.

Di Famalicao, pemain berpostur 1,86 meter ini menjalani masa peminjaman selama dua tahun, sejak 2014 hingga 2016 dengan tampil sebanyak 30 kali dan sumbangan empat gol.

Usai kembali ke Rio Ave, Silverio lagi-lagi dipinjamkan. Kali ini ke tim kasta kedua Portugal, yakni Leixoes SC pada musim panas 2016.

Peminjaman ini berlangsung selama satu musim, di mana Silverio bermain sebanyak 28 kali. Setelah penampilan itu, ia pun kembali ke Rio Ave pada 2017.

Nahas usai kembali ke Rio Ave, Silverio tak mendapat kesempatan sama sekali. Hal ini membuatnya kembali dipinjamkan ke Varzim pada 2018 hingga 2019.

Peminjamannya pun kemudian berhenti sampai Varzim saja. Pada 2019, Silverio diboyong oleh Academica Coimbra usai kontraknya habis bersama Rio Ave.

Di Academica Coimbra, Silverio pun tampil sebanyak 50 kali dalam dua musim dengan torehan tiga gol dan satu assist. Namun penampilan itu tak membuat kontraknya diperpanjang.

Catatan itu membuatnya kemudian ditampung oleh Penafiel pada 2021 dengan status bebas transfer dan diikat kontrak dua tahun.

Bersama Penafiel, Silverio tampil sebanyak 37 kali di berbagai ajang dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist selama dua musim.

Kini kontraknya pun habis pada Juni 2023. Di usia yang baru 27 tahun, Silverio kemudian menerima pinangan Borneo FC dan akan melanjutkan kariernya di Indonesia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More