Pipin Lukmanul Hakim
Stefano Lilipaly merayakan gol bersama para pemain Borneo FC. (Dok. Borneo FC)

Bolatimes.com - Tim Borneo FC Samarinda memastikan mendapat satu tempat di Championship Series Liga 1 2023/2024 usai melakukan epic comeback mengalahkan Persebaya Surabaya 2-1.

Kemenangan Borneo FC atas Persebaya pada pekan ke-28 dalam jadwal Liga 1 2023/2024 tersebut berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, pada Kamis, 7 Maret 2024.

Padahal, Persebaya sudah lebih dahulu unggul dalam pertandingan ini melalui gol Toni Firmansyah.

Baca Juga:
2 Pemain Ini Cameback Bela Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly Kembali Gak Dilirik Shin Tae-yong

Namun, satu pemain Bajul Ijo melakukan kesalahan dengan gol bunuh diri, yakni Kasim Botan, dan Pesut Etam menambah keunggulan lewat Iksan Nul.

Hasil ini membuat Borneo FC masih kokoh di puncak klasemen Liga 1 sementara dengan raihan 66 poin, dan sudah tak mungkin terlempar dari posisi empat besar.

Sementara itu, Persebaya menempati posisi ke-10 di klasemen Liga 1 sementara dengan hanya berjarak 7 angka dari zona berbahaya.

Baca Juga:
Duel Mike Tyson vs Jake Paul: Pertarungan Ekshibisi akan Tayang di Netflix

Pada babak pertama kedua tim memulai laga dengan tempo sedang, dan saling menunggu, sehingga bola lebih sering beredar di lini tengah.

Melalui tendangan Filipe Cadenazzi, Borneo FC memiliki peluang pertama, usai menerima umpan terobosan dari Wiljan Pluim.

Tapi sayangnya, bola dapat dihalau oleh kiper Persebaya, Andhika Ramadhani. Skuad asuhan Pieter Huistra kembali mendapat peluang, kali ini lewat tendangan keras Adam Alis, tetapi kembali dihalau kiper.

Baca Juga:
Potret 6 Pemain Anyar Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, Bikin Vietnam Ketar-ketir

Kemudian, Persebaya berbalik memberikan ancaman melalui aksi Bruno Moreira, tetapi tendangan datarnya terlalu lemah, dan mengarah ke pelukan Nadeo Argawinata.

Skor 0-0 pun bertahan hingga babak pertama selesai. Memasuki babak kedua, Borneo langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, dan sempat mendapat dua peluang beruntun, dari Terens Puhiri dan Cadenazzi.

Namun, keduanya belum berhasil membuahkan gol. Selanjutnya, giliran Persebaya yang memiliki peluang melalui sundulan Paulo Henriquez, tapi bola masih melambung di atas mistar gawang Borneo FC.

Baca Juga:
MotoGP Qatar 2024: Francesco Bagnaia hingga Marc Marquez Tak Sabar Memulai Balapan

Persebaya pun sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 58 lewat tendangan keras dari luar kota penalti oleh Toni Firmansyah, sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Di masa waktu tambahan babak kedua, Borneo berhasil menyamakan kedudukan setelah Kasim Botan gagal menghalau bola dengan kepalanya di menit 90+2 sehingga skor sama 1-1.

Borneo lalu mengunci kemenangan pada pertandingan ini, setelah Ikshan Nul membobol gawang Persebaya pada menit 90+8, sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Skor tersebut bertahan hingga pertandingan selesai. Selanjutnya Borneo FC akan bertandang ke markas PSS Sleman pada pekan ke-29 pada 10 Maret mendatang.

Sedangkan, Persebaya Surabaya akan menjamu Madura United sehari sebelumnya di hari yang sama.(*)

Load More