Tinwarotul Fatonah | Irwan Febri Rialdi
PSM vs Persebaya. (Instagram/@officialpersebaya).

Bolatimes.com - PSM Makassar terpaksa harus terdapak dari puncak klasemen pada Jumat (8/6/2018) malam. Ia tergeser ke posisi dua setelah Barito Putera menangi laga kontra Srwijaya FC. Demi mengambil alih lagi posisi puncak, skuat Juku Eja wajib meraih poin pada pekan ke-13 Liga 1.

Namun, perjuangan Ferdinand Sinaga dan kolega tak akan mudah. Pasalnya yang menjadi lawan kali kini adalah Persebaya Surabaya. Tim yang dikenal dengan permainan yang agresif dan mengandalkan kecepatan.

Kelebihan itu pun turut diakui oleh pelatih PSM, Robert Rene Alberts yang menilai Persebaya merupakan salah satu tim karakter agresif di mana pun bermain, entah itu kandang atau tandang.

Baca Juga:
Prediksi Bali United Vs Persipura, Tantangan Berat Tuan Rumah

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts. (Sumber: Dok. Persib).

"Persebaya adalah tim yang agresif, kuat, dan cepat. Karakter permainan mereka tidak pernah berubah, baik main di kandang atau tandang," tutur Robert Alberts di laman resmi Liga 1.

Baca Juga:
Kalahkan Sriwijaya FC, Barito Putera Puncaki Klasemen Liga 1

Bahkan untuk menyiapkan strategi khusus melawan Irfan Jaya dan kolega, pelatih asal Belanda itu menggelar latihan tertutup agar taktik yang direncanakan tidak tersebar luas.

Sementara Persebaya, pelatih Alfredo Vera mengaku anak asuhnya tengah dalam motivasi tinggi untuk mencuri poin dari Makassar.

Baca Juga:
Bantai PS Tira, Persija Jakarta Tinggalkan jauh Zona Deradasi

Pelatih Persebaya, Alfredo Vera (tengah). (Sumber: Instagram/@officialpersebaya).

"Memang lebih bagus lagi jika kami bisa dapat tiga poin dari Makassar, supaya kami bisa naik peringkat dan tidak hilang dari papan atas," ujar Alfredo.

Sayangnya, untuk merealisasikan misi tersebut pelatih berkebangsaan Argentina itu perlu memutar otak lebih dalam. Karena penyerang andalan skuat Bajol Ijo, David Da Silva masih berkuatat dengan cedera paha. Hingga H-1 pertandingan pun Alfredo belum bisa memastikan peluang bermain penyerang yang telah mencetak enam gol untuk Persebaya itu.

Baca Juga:
Cedera ACL, Manuel Lanzini Gagal ke Piala Dunia 2018

"David belum 100 persen pulih dari cedera. Sampai sekarang pun saya belum tahu apakah dia bisa bermain atau tidak," tutup pelatih 45 tahun tersebut.

Perkiraan susunan pemain kedua tim

PSM (4-3-3): Rivky Mokodompit; Hasyim Kipuw, Abdul Rahman, Steven Paulle, Fauzan Jamal; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; Guy Junior, Ferdinand Sinaga, Muhammad Rahmat.

Cadangan: Syaiful, Hendra Wijaya, Reva Adi Utama, Zulkifli Syukur, Zulham Zamrun, Rasyid Bakrie, Saldi.

Pelatih: Robert Rene Alberts

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Mokhamad Syaifuddin, Ruben Sanadi; Rendi Irwan, Robertino Pugliara, Sidik Saimima; Ferinando Pahabol, Riky Kayame, Irfan Jaya

Cadangan: Dimas Galih Pratama, Andri Muladi, Nelson Alom, Osvaldo Haay, Misbakus Solikin, Rishadi Fauzi, Oktafianus Fernando

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Empat pertemuan terakhir kedua tim

20/05/2014 Liga 1 - Persebaya 4-0 PSM
02/05/2014 Liga 1 - PSM 0-2 Persebaya
14/03/2010 Liga 1 - PSM 2-0 Persebaya
13/12/2009 Liga 1 - Persebaya 2-0 PSM

Prediksi Bolatimes

PSM Makassar 2-1 Persebaya

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More