Husna Rahmayunita
Eks pelatih Timnas Malaysia B Satiananthan. (Facebook/B.Satiananthan)

Bolatimes.com - Kabar duka datang dari sepak bola Malaysia setelah mantan pelatih Timnas Malaysia, Bhaskaran R. Sathianathan meninggal dunia pada Selasa (18/7/2023).

B. Sathianathan meninggal dunia pada usia 65 tahun. Menurut laporan Makan Bola, Sathianathan meninggal setelah dirinya mengidap kanker. Penyakit tersebut telah dideritanya sejak setahun terakhir.

"Mantan pelatih Selangor FC ( B. Sathianathan) itu meninggal dunia akibat penyakit kanker yang dideritanya selama setahun terakhir," tulis laporan Makan Bola, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga:
Momen Asnawi Mangkualam Kolongin Pemain Ansan Greeners dan Nyaris Ciptakan Assist

Kepergian Sathianathan menjadi kehilangan besar buat sepak bola Malaysia karena ia merupakan sosok berpengalaman dan kaya prestasi sebagai pelatih di Negeri Jiran.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Bhaskaran R. Sathianathan semasa hidupnya?

Profil B. Sathianathan

Baca Juga:
Profil Christian Rontini, Bek Timnas Filipina yang Sebut Liga Malaysia Kualitas Timnya Jomplang

Bhaskaran Sathianathan atau lebih dikenal dengan panggilan Coach Sathia merupakan pelatih kelahiran Perak, Malaysia pada 9 Maret 1958.

Sebelum menjadi pelatih, ia juga dikenal sebagai mantan pesepakbola Malaysia. Ia pernah bermain untuk Negeri Sembilan dan Melaka FA.

Sathianathan juga merupakan bagian dari Timnas Malaysia yang meraih medali perunggu pada SEA Games 1983.

Baca Juga:
3 Pemain Asia Tenggara yang Menyerah di Liga Korea Selatan, Terbaru Pemain Timnas Malaysia

Setelah pensiun, ia mulai terjun sebagai pelatih dengan menukangi Negeri Sembilan FA. Kemudian karier kepelatihannya di Timnas Malaysia dimulai pada 2006 dengan menukangi Timnas U-23 untuk Kualifikasi Olimpiade 2008.

Setelah lama di kelompok umur, Sathianathan kemudian ditunjuk menjadi pelatih senior Timnas Malaysia pada 2010. Namun, ia gagal mempersembahkan satu gelarpun buat Malaysia senior.

Kendati begitu, ia cukup sukses sebagai pelatih di level klub. Tercatat ia mampu meraih tiga gelar juara bersama tiga klub berbeda.

Baca Juga:
Profil Oliver Bias, Mantan Pemain Timnas Jerman U-17 yang Resmi Gabung Persija Jakarta

Pertama bersama Kelantan FA ia menjuarai Piala Malaysia 2010, bersama ATM FA menjuarai Liga Premier Malaysia 2012 (kasta kedua), dan Felda United FC menjuarai Liga Premier Malaysia 2018.

Atas segala pencapaian yang diraih oleh B. Sathianathan, ia iga kali dinobatkan sebagai pelatih terbaik dalam penghargaan National Football Awards (ABK) pada 2010, 2012 dan 2017.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More